Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Jakarta || Pembangunan yang dimulai dari desa merupakan salah satu program prioritas pemerintah yang tertuang dalam Nawacita butir ketiga yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam kemajuan perekonomian nasional. Untuk itu melalui payung hukum PP No. 60/2014 tentang Dana Desa, desa memiliki legalitas untuk mengelola dan mengembangkan potensinya secara mandiri dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan dan juga memberdayakan warganya untuk kesejahteraan desa.

Untuk memperkuat hal tersebut program institusi Akademi desa yang digagas oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) memiliki peran penting dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas managerial para pelaku utama (SDM) yang berperan langsung dalam pengelolaan dan pengembangan desa, khususnya para perangkat desa sebagai pengelola dana desa, pendamping dan penggiat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa-desa tertinggal dan terpencil sehingga mampu mengelola potensi sumberdayanya secara optimal dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan saat menjadi salah satu narasumber perwakilan Kepala Daerah bersama Kepala Desa Ponggok Kabupaten Klaten dan Prof Dr Haryono Suyono yang mewakili Akademisi pada Diskusi Panel peluncuran Akademi Desa 4.0 yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Kamis (24/05).

"saya menyambut gembira adanya institusi Akademi Desa ini yang hari ini diluncurkan oleh Bapak Menteri Desa. Program ini akan memberikan cakrawala pengetahuan baru, skill dan kapasitas para pengelola dana desa, BUMDes dan semua pihak yang terkait langsung khususnya di kabupaten kami Toraja Utara yang masih sangat membutuhkan perhatian dan pembinaan SDM dalam pengelolaan dana desa dan pembangunan BUMDes sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan dan perekonomian rakyat." ungkap Bupati.

Selain itu, Bupati juga menambahkan, dengan adanya Akademi Desa yang berorientasi pada pembinaan dan pelatihan berbasis virtual ini, para pelaku utama pengelolaan dana desa dan BUMDes di tiap-tiap lembang memiliki kemampuan inovatif untuk mengoptimalkan keanekaragaman potensi lembangnya masing - masing sehingga tiap - tiap lembang yang ada mampu melahirkan produk unggulannya.

"Pelatihan dan pembinaan melalui Akademi Desa nantinya akan membantu para pemangku kebijakan di lembang-lembang untuk dapat melihat potensi-potensi yang memiliki prospek ekonomi di wilayahnya masing-masing, sehingga yang kita harapkan tiap lembang dapat dapat melahirkan dan mengembangkan produk unggulan lembangnya", tambahnya.

Pada peluncuran Akademi Desa 4.0 ini Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo pada salah satu bagian sambutannya mengatakan bahwa Peluncuran Akademi Desa 4.0 didasari oleh karena masih banyak ditemui pengelolaan administrasi dana desa yang tidak berjalan sebagaimana mestinya dan juga perkembangan BUMDes yang masih berjalan lambat yang baik secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada kualitas pelayanan birokrasi pemerintahan di desa kepada masyarakat.

Selain itu, pelatihan-pelatihan konvensional yang selama ini dilakukan untuk pengembangan SDM di desa menggunakan biaya dan waktu yang besar sehingga dilatarbelakangi faktor-faktor tersebut, sarana pelatihan Akademi Desa yang berbasis online virtual serta berstandarisasi sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) tersebut akan memaksimalkan transformasi pengetahuan dan keterampilan bagi para aparatur desa, pengelola BUMDes serta lembanga-lembaga yang turut terlibat langsung dalam pengelolaan dan pengembangan desa.

Image : Y. Anugerah Rundupadang
Editor : LPDI Diskominfo Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 74

Kemarin 137

Minggu ini 1983

Bulan ini 7062

Total 89830