Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

pongtiku16

Rindingallo || Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melaksanakan Upacara Bendera memperingati Pahlawan Pongtiku ke-16 tahun 2018, Selasa (10/7) yang berlangsung di pelataran Makan Pahlawan Pongtiku, Pangala' Kecamatan Rindingallo. 

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa kegigihan perjuangan Pongtiku melawan penjajahan untuk saat ini dapat menjadi inspirasi bagi semua komponen daerah dan masyarakat untuk berkontribusi secara aktif dan positif dalam pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. 

"perjuangan Pongtiku harus kita lanjutkan melalui pembagunan yang lebih baik kedepannya baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur di kabupaten toraja utara." 

Untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan melalui peran aktif dalam pembangunan salah satu hal utama yang senantiasa harus tetap dijaga dan dipelihara yaitu semangat persatuan. Adanya semangat persatuan yang lahir dari kesadaran diri semua pihak akan menciptakan stabilitas yang akan mendorong berjalannya pembangunan dengan baik.  

"misa kada dipotuo pantan kada di pomate" merupakan motto dari Pongtiku bahwa persatuan dan kesatuan itu adalah diatas segala-galanya dalam memperjuangkan kemerdekaan yang telah kita nikmati bersama ini," ucap Kalatiku Paembonan.

pongtiku16

Turut hadir mengikuti Upacara Hari Pahlawan Pongtiku ini, Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang bersama Forkopimda Toraja Utara, Pj.Sekda Toraja Utara Roni Rede Bare, TNI-Polri, para Kepala OPD, Camat, para pejabat Administrator dan Pengawas di linkungan Pemda Toraja Utara dan juga para Pelajar, Mahasiswa serta masyarakat setempat.

Setelah upacara bendera selesai kemudian dilanjutkan dengan prosesi Tabur Bunga di Makam Pahlawan Pongtiku.

Pongtiku (1846 – 1907) oleh karena kegigihan dan jasanya melakukan perlawanan terhadap penjajahan, Pemerintah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 073/TK/2002 Tanggal 6 Nopember 2002 ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.
 
Author : Martinus; Photo: Amos Rapang
Editor : LPDi Diskominfo SP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 884

Kemarin 775

Minggu ini 1659

Bulan ini 13215

Total 45734