Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

RANTEPAO || Pj. Sekretaris Daerah Toraja Utara Rede Roni Bare mengingatkan pentingnya mendorong kesadaran generasi muda untuk terlibat langsung dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Kondisi ekosistem saat ini yang makin tergerus oleh pertumbuhan penduduk dan pembangunan menurut Setda harus disikapi dengan serius oleh semua pihak untuk mencegah kerusakan ekosistem yang akan merugikan manusia sendiri.  

Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Sekda Toraja Utara di kegiatan Pelepasan Kontingen Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Kabupaten Toraja Utara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Toraja Utara, Selasa (31/07)

"jika kita perhatikan di daerah kita ini, dua hari saja hujan, air di sungai itu sudah keruh, artinya itu bahwa pohon-pohon yang ada di hutan kita tinggal sedikit akibat dari ulah kita sendiri yaitu sering menebang pohon sembarangan. Berkaitan dengan kegiatan ini, kita di tugaskan bagaimana mengupayakan adik-adik yang punya semangat ini sebagai generasi baru yang harus berupaya keras melakukan sesuatu untuk menjaga lestarinya lingkungan dengan pengetahuan dan mengajak orang lain untuk mulai peduli dengan hal-hal seperti ini" jelasnya.

Selain itu Sekda menyampaikan bahwa keterlibatan aktif Pemerintah Kabupaten Toraja Utara bersama semua stake holder yang peduli terhadap pelestarian lingkungan di kabupaten Toraja Utara pada kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai bagaimana menjaga sekaligus mengembalikan kuantitas kekayaan vegetasi yang saat ini kondisinya makin berkurang di Toraja Utara.

Oleh karena ia mengharapkan, kontingen yang mewakili Toraja Utara di perhelatan dua Saka ini dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pelestarian lingkungan sekaligus menjalin relasi dan komunikasi dengan kontingen perkemahan dari daerah lain.

"adik-adik ini akan berperan besar nantinya dalam pelestarian lingkungan di Toraja Utara. Terkait kegiatan ini menjalin komunikasi itu sangat penting, saling tukar pengalaman dengan saudara-saudara yang dari sulawesi dan maluku yang akan mengikuti kegiatan perkemahan di pangkep. Saya berharap yang akan mengikuti perkemahan ini, bisa penuh semangat sebagai dasa darma kita" imbuhnya.

Dalam perhelatan dua saka yang akan berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 5 Agustus 2018 di Bumi Perkemahan Tonasa Park, Balocci Kabupaten Pangkep, Kabupaten Toraja Utara mengirimkan 16 orang yang berasal dari 3 Sekolah Menengah Atas yaitu SMA Kr. Barana, SMA Pelita, dan SMK Kr. Tagari.

Turut hadir melepas Kontigen Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Toraja Utara yaitu Kepala UPTD KPH Toraja Utara, Gazali, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toraja Utara Arung Batu Lipa, Kepala Dinas Kominfo Toraja Utara Fitra, dan Kepala Bidang Lingkungan Hidup Toraja Utara Lucy Nataliana.  

 

Author : Swita Turalaki, Photo : Reginal P

Editor : LPDI Diskominfo.SP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 80

Kemarin 195

Minggu ini 1202

Bulan ini 4066

Total 79381