Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

SA'DAN || Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4D) Kejaksaan Negeri Toraja melaksanakan kegiatan sosialisasi program Jaga Desa di Kecamatan Sa'dan yang dihadiri sekaligus buka oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ST., Kamis (16/08).    

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Toraja Jefri P. Makapedua menjelaskan Program Jaga Desa merupakan salah satu program yang dilaksanakan pada semua Kejari di Indonesia untuk memberikan pendampingan sekaligus pengawalan atas pengelolaan dan penggunaan dana desa/lembang oleh pemerintah lembang sehingga penggunaan dana desa untuk kesejahteraan desa dan masyarakatnya dapat terealisasi optimal.

"program Jaga Desa itu di terapkan di seluruh wilayah Indonesia oleh jajaran Kejaksaan Negeri yang tujuannya bagaimana kita bisa mendampingi dan membantu, agar dana desa dari Kementerian ini bisa tersalur dan terlaksana dengan baik sesuai peraturan yang berlaku. Inilah fungsi kita adalah untuk bisa dan sama-sama membantu para Kepala Lembang dalam mengelola dana desa agar dapat tersalurkan dengan baik."

lebih lanjut Kajari menambahkan, " Dalam program ini nantinya kita akan langsung turun ke lapangan, memeriksa langsung apa yang sudah di kerjakan oleh teman-teman lembang di daerahnya. Oleh karena itu dana desa harus kita jaga dan awasi, jangan sampai di salah gunakan. "

Sementara Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang saat diwawancarai menyambut baik adanya program Jaga Desa oleh Kejari ini. Program ini menurut Wabup akan membantu serta mendorong para Kepala Lembang dalam mengelola dan menggunakan dana desa/lembang dengan benar untuk kesejahteraan masyarakat dan juga akan menghindarkan pemerintah desa dari penyimpangan-penyimpangan yang berdampak pada konsekuensi hukum.

"program yang diadakan oleh Kejaksaan Negeri ini yaitu program Jaga Desa, merupakan program yang sangat baik, karena program ini betul-betul memiliki prinsip untuk mengarahkan pengelolaan dana desa, sehingga Kepala Lembang dalam menggunakannya bisa lebih hati-hati, tepat sasaran dan hasilnya memberi manfaat bagi masyarakat. Program ini akan mengawal kita semua, supaya para Kepala Lembang kita terhindar dari masalah tentang administrasi maupun fisik yang akibat penggunaan dana desa tidak tepat sasaran. "  

Hal serupa juga disampaikan oleh Camat Sa'dan Yamarlin M yang mengikuti kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa melalui program Jaga Desa ini akan memberikan pemahaman kepada para Kepala Lembang bagaimana seharusnya mengelola dana desa agar sesuai dengan peruntukannya yang berdampak pada pembangunan lembang.  

Sosialisasi TP4D program Jaga Desa ini juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang Ritha Rasinan, SE, MH, perwakilan Polsek Sa'dan dan diikuti oleh para Kepala Lembang di lingkungan wilayah Kecamatan Sa'dan.


[Author: Swita T; Photo : Reginal P; Editor: LPDI Diskominfo-SP Toraja Utara]

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 80

Kemarin 195

Minggu ini 1202

Bulan ini 4066

Total 79381