Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Toraja Utara, Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI melakukan pertemuan dengan Pemerintah Daerah, Dinas Kominfo dan unsur terkait sekaligus meninjau beberapa fasilitas pemda yang yang mendukung penyelenggaraan e-Government di Toraja Utara, Rabu (29/08).

Pada kegiatan pertemuan Kemenko Polhukam bersama Pemda Toraja Utara yang berlangsung di di Gedung Pelayanan Gereja Toraja Jemaat Rantepao dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare, M.Si mewakili Bupati Toraja Utara, juga dihadiri Dandim 1414 Letkol CZI Hiras Mameak Saragih Turnip, Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait, Ka. BPKAD, Ka. Dinas Kominfo, Ka. Dinas Pertanian, para Camat, dan para pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

Asdep Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika Kemenko Polhukam, Marsekal Madya TNI Dr. Sigit Priyono, GSC, S.IP. M.Sc di pertemuan tersebut menyampaikan tujuan Kunker Kemenko Pohukam di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara ini untuk mengetahui secara langsung sejauh mana perkembangan fasilitas di sektor telekomunikasi dan informatika termasuk aksesibilitas masyarakat maupun pemerintah terhadap fasilitas tersebut yang ada di dua kabupaten ini, khususnya di Kabupaten Toraja Utara yang masih terhitung sebagai kabupaten yang masih terbilang muda.

"Obyektif kami datang ke Toraja Utara ingin mengetahui bagaimana perkembangan sekaligus kemampuan masyarakat untuk mengakses internet, juga bagaimana jangkauan pelayanan operator layanan selular dan juga hambatan-hambatannya." ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Sigit Priyono juga menekankan peran penting pemanfaatan TIK dalam memodernisasi penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan publik di pusat dan daerah yang saat ini menuntut terciptanya integrasi sistem yang efektif, efisien, dan memiliki aksesibilitas yang luas. Dalam hal ini Priyono juga mengambil contoh peran telekomunikasi dalam meminimalisir dampak bencana.

"dari beberapa kejadian bencana di tanah air yang menimbulkan korban jiwa, tidak semata-mata disebabkan oleh faktor bencana itu sendiri melainkan ditemukan juga keterlambatan aparat memberikan informasi ke daerah saat kejadian yang lebih disebabkan ketidak-tersediaan atau lemahnya jaringan telekomunikasi yang ada di wilayah tersebut," imbunya.

Menanggapi beberapa permasalahan terkait lemahnya jaringan internet sebagai sarana pendukung pelayanan publik di Kecamatan yang diungkapkan oleh para Camat , demikian juga harapan yang diutarakan oleh Kadis Kominfo Toraja Utara menyangkut dukungan pemerintah pusat dalam penyediaan server dan media center bagi pemda Toraja Utara yang di tahun 2019 kedepan wajib dimiliki oleh setiap pemerintah daerah, Asdep Priyono akan berkoordinasi untuk mengupayakan penyediaan server dan penguatan jaringan internet yang menjangkau semua wilayah kecamatan yang ada di Toraja Utara.     

Turut mendamping Asdep Telekomunikasi dan Informatika dalam kunjungan kerjanya di Toraja Utara ini beberpa pejabat dari Kemenko Polhukam yaitu Kepala Bidang Telekomunikasi Kolonel Caj. Benny Pasaka S.,Ap,M.Sc, Analis informatika Eky Adhi Putra S. Kom, dan Staf Asdep Telekomunikasi dan Informatika Ulviana Del Cielo.

Author/foto: Julina Rande; Alqadri.
LPDI Diskominfo-SP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 36

Kemarin 195

Minggu ini 1158

Bulan ini 4022

Total 79337