Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Toraja Utara melaksanakan kegiatan Sosialisasi Forum Data dan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, Kamis (27/09).

Kegiatan yang resmi dibuka oleh Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara terkait ketersediaan data sektoral Pemda yang akurat, reliable dan terupdate yang selama ini masih menjadi persoalan klasik pemerintah daerah.

Selain itu, sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang mana mengamanatkan data sektoral dikelola oleh pemerintah daerah melalui Bidang Statistik yang berada dalam struktur Diskominfo, sehingga dalam hal ini menjadi kewenangan Diskominfo untuk mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data sektoral yang bersumber dari OPD.

Sementara Penggunaan Tanda Tangan Digital merupakan salah satu upaya pemerintah untuk merealisasikan penyelenggaraan pemerintahan dan layanan publik secara elektronik melalui sistem e-Government. Penggunaan Tanda Tangan elektronik/digital di pemerintahan sendiri memiliki beberapa keuntungan dibandingkan tanda tangan dokumen konvensional seperti tanda tangan basah, diantaranya dapat menghemat waktu proses dokumen, menghemat kertas dan ATK lainnya serta ke autentifikasinya dapat diverifikasi dengan tingkat keamanan tinggi yang memiliki sertifikat dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Narasumber pada Sosialisasi Forum Data dan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik ini yaitu Kepala Bidang Statistik Diskominfo Prov. Sulawesi Selatan, Kepala BPS Toraja Utara, dan Tenaga Ahli Sandiman Badan Sertifikat Elektronik BSSN.

Author: Martinus Silolongan; Foto: Amos Rapang 
LPDI Komunikasi Publik - Diskominfo.SP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 74

Kemarin 137

Minggu ini 1983

Bulan ini 7062

Total 89830