Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TALLUNG LIPU || Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa/Lembang dIbutuhkan upaya yang maksimal dan komprehensif dari pemerintah lembang maupun pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas lembang dalam melaksanakan perencanaan dan pembangunan lembang.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kapasitas lembang yaitu dengan melaksanakan Bursa Inovasi Lembang melalui program Inovasi Desa yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang Pemerintah Kabupaten Toraja yang berlangsung Senin kemarin, (8/10) di Aula SMK Kristen Tagari, Tallung Lipu.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan yang hadir membuka kegiatan ini menyampaikan Lembang merupakan salah satu penggerak utama perekonomian daerah yang senantiasa perlu didorong untuk terus mengembangkan diri memberdayakan potensi yang ada di wilayahnya masing - masing untuk meningkatkan kesejahteraan wilayahnya.

"bursa inovasi merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan pendapatan daerah kita, begitu banyak inovasi yang lembang-lembang bisa lakukan untuk kesejahteraan masyarakat lembang" ungkap Bupati.

Setiap wilayah Lembang memiliki karakteristik dan potensi yang dapat dikembangkan sebagai komoditas, yang mana bila dikembangkan dengan baik dapat memiliki nilai jual yang menguntungkan masyarakat.

Oleh karena itu, Bupati menghimbau kepada para pemangku kebijakan di tingkat Lembang serta semua stake holder untuk bersama-sama memunculkan gagasan-gagasan inovatif sehingga pembangunan di lembang melalui Dana Lembang dapat memberikan output bagi kesejahteraan masyarakat.

"Kepala Lembang harus mempunya kreatifitas yang menghasilkan Inovasi di dalam berbagai produk unggulan di Lembang, misalnya kuliner yang diperbaiki kualitas dan kemasannya, Kemudian Lembang yang mempunya Objek wisata diberikan sentuhan kreativitas yang membuat wisatawan lebih banyak lagi datang berkunjung, contohnya area Tongkonan yang dapat diberdayakan menjadi homestay" imbuhnya.

Bursa Inovasi Lembang Toraja Utara 2018 dengan tema : "Datang, Komit, Tiru,Maju, dihadiri oleh Koordinator tenaga Ahli wilayah V P3MD Provinsi Sulawesi Selatan Adi Suryadi yang hadir sekaligus mewakili Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan. Tampak juga Kepala Dinas PML Toraja Utara Ritha Rasinan serta beberapa Kepala OPD lainnya, juga para Camat, Kepala Lembang, Para tenaga Ahli dan Pendamping Desa.

Setelah membuka kegiatan Bupati Toraja Utara berkesempatan melihat pameran yang menampilkan hasil inovasi yang dikembangkan oleh beberapa Lembang.

Author : Martinus Silolongan; Photo: Sendri Sudi 
LPDI Komunikasi Publik - Diskominfo.SP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 70

Kemarin 701

Minggu ini 771

Bulan ini 11102

Total 62115