Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

KESU' || Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, Jumat (12/10) meresmikan Desa Wisata Panta'nakan Lolo yang terletak di wilayah Kecamatan Kesu'. Peresmian Desa Wisata tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan penetapan Desa Wisata yang dilakukan oleh Bupati Toraja Utara.

Turut juga hadir dalam peresmian Objek Wisata Panta'nakan Lolo tersebut, Kadis Pariwisata Toraja Utara, Camat Kesu' bersama sejumlah jajaran OPD terkait, Tokoh masyarakat dan Tokoh adat serta masyarakat. 

Kalatiku Paembonan dalam sambutannya mengatakan Desa Pariwisata merupakan salah satu dari 5 program prioritas pembangunan pemerintah yang mendorong dan mengedepankan keterlibatan masyarakat lokal secara langsung untuk mengelola potensi-potensi yang ada didaerahnya termasuk nilai-nilai asli budaya, kearifan lokal, keindahan alam, kesenian, dan tata cara hidup keseharian baik sosial, ekonomi maupun budaya yang terintegrasi menjadi satu paket objek wisata. Panta'nakan Lolo sendiri memiliki kriteria-kriteria tersebut yang dapat menjadi rujukan lembang dan kelurahan lainnya dalam mengembangkan potensi keunikan pariwisata di wilayahnya masing-masing. 

"Peresmian Panta'nakan Lolo sebagai Desa Wisata ini untuk memperjelas salah satu keunikan objek wisata baru kita sebagai kawasan Desa yang akan memperlihatkan keseluruhan kehidupan masyarakat dalam desa, keseharian masyarakatnya, tata cara hubungan sosial masyarakatnya yang hidup dalam kekeluargaan, nilai-nilai adat istiadat serta berbagai aktivitas ekonomi asli masyarakat yang ada didalamnya," jelas Bupati

Kalatiku melanjutkan, saat ini sudah ada 12 lembang dan kelurahan yang telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata yang diharapkan nantinya akan menjadi paket-paket wisata lokal baru yang mampu mengerakkan sektor-sektor perekonomian desa khususnya ekonomi kewirausahaan masyarakat, yang akan mengangkat level pariwisata Toraja Utara ke market pariwisata global.

"disamping itu, di desa ini sudah ada objek-objek wisata yang menjadi daya tarik dari 12 desa wisata yang kita miliki baru 1 yang kita resmikan dan ini kita harapkan akan menjadi contoh kedepannya. Dengan tekad, komitmen serta upaya kita bersama, saya yakin program desa wisata ini akan memajukan kabupaten Toraja Utara sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia yang mendunia," tutupnya.  

 

Sementara, saat diwawancarai oleh tim liputan Diskominfo, Y.S. Dalipang salah satu tokoh masyarakat Toraja Utara yang hadir dalam peresmian desa wisata tersebut menjelaskan penetapan Panta'nakan Lolo sebagai Desa Wisata akan membuka kesempatan ekonomi seluas-luasnya kepada setiap masyarakat desa secara bersama - sama dan berkeadilan untuk berpartisipasi secara aktif dalam mengembang potensi pariwisata yang dimiliki.

"dengan status Desa Wisata ini, masyarakat Panta'nakan Lolo akan menerima manfaat positif khususnya dalam peningkatan ekonomi masyarakat. ini akan mendorong masyarakat desa untuk bersama-sama dengan arif dan kreatif mengelola paket-paket wisata lokal di desanya yang dapat menjadi sumber ekonomi. Program Desa Wisata kita ini mengedepankan partisipati masyarakat, yang juga akan memupus anggapan segelintir orang yang mengatakan hanya segelintir orang-orang tertentu saja yang selama ini menikmati pengelolaan dan hasil-hasil pariwisata." ungkapnya.

Menurut data Kemenpar RI pada tahun 2017 lalu, persentase orientasi segmen pariwisata yang paling besar diminati saat ini yaitu Wisata Budaya sebesar 60% selain Wisata Alam dan Kreasi Masyarakat lokal. Ketiga hal tersebut merupakan peluang besar yang disikapi dengan serius oleh Pemda Toraja Utara untuk bersaing menjadi salah pemain utama dalam industri pariwisata nasional melalui keberpihakan kebijakan, membangun komitmen bersama dan sinerjitas semua komponen yang serta upaya-upaya riil yang terarah, bertahap dan berkelanjutan.  

Authors : Amos Rapang; Photo: Disbudpar Toraja Utara, Senry Sudi
LPDI Komunikasi Publik - Diskominfo.SP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 35

Kemarin 195

Minggu ini 1157

Bulan ini 4021

Total 79336