Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TALLUNGLIPU || Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan. M.Si didampingi Kadis Kesehatan Elizabeth Zakaria, M.Kes dan Kepala RSUD Pongtiku dr. Remen Taula'bi menyambut kunjungan Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di Rumah Sakit Umum Daerah Pongtiku yang akan melaksanakan akreditasi versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS edisi I) pada RSUD Pongtiku tersebut, Senin, (17/12).      

Tim survei KARS yang akan melaksanakan akreditasi SNARS pada RSUD Pongtiku selama dua hari (17-18 Desember) terdiri dari dua surveyor  yaitu dr. Hesty Arbie, MRS (bidang Manajemen) dan dr. Maria Vonny Helda Rumampuk, S.Kp, M.Si, M.Kep (Bidang Keperawatan).   

Remen Taula'bi dalam keterangannya menyampaikan, akreditasi SNARS ini sangat penting dilaksanakan di RSUD Pongtiku untuk meningkatkan managemen mutu pelayanan rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan yang memuaskan sesuai standar keselamatan dan prosedur pelayanan. Kewajiban akreditasi SNARS bagi rumah sakit juga akan berdampak pada kontrak layanan jaminan kesehatan BPJS di Rumah Sakit.   

"dalam rangka untuk melihat bagaimana kinerja semua unsur pegawai yang ada di Rumah Sakit Umum Darurat Pongtiku dengan tujuan meningkatkan mutu pelayanan ,RS wajib terakreditasi ditahun 2019 dan juga bagi rumah sakit yang tidak terakreditasi tidak akan bekerjasama dengan BPJS," jelasnya. 

dr. Ramen juga menambahkan sarana dan sumber daya RSUD Pongtiku yang diresmikan pada Oktober 2016 lalu dengan status Tipe D saat ini memiliki jumlah kamar 50, tempat tidur 190 dengan didukung tenaga SDM pegawai PNS dan PHT, 6 dokter umum dan 8 dokter spesialis.

Kalatiku Paembonan mengapresiasi pelaksanaan akreditasi SNARS pada RSUD Pongtiku ini yang dapat menjadi pemicu kinerja manajemen RSUD dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, keselamatan pasien maupun dokumen-dokumen administrasinya sesuai standar dan kriteria pelayanan yang sudah ditetapkan.

Dengan pemenuhan pelayanan kesehatan berbasis SNARS ini dan didukung dengan upaya pemda dalam peningkatan sarana dan prasarana serta akses yang mudah Bupati percaya RSUD Pongtiku akan menjadi referensi masyarakat Toraja Utara untuk mempercayakan pelayanan kesehatan masyarakat. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga meninjau fasilitas pelayanan RSUD Pongtiku diantaranya proses penyelesaian pembangunan ruang perawatan Kelas I dan Kelas II yang berjumlah 12 kamar, ruangan operasional dan sekaligus berdialog dengan beberapa pasien rawat inap di RSUD Pongtiku.

Author: Julina Rande, Photo: Upa'
LPDI Komunikasi Publik - Diskominfo.SP

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 12

Kemarin 226

Minggu ini 238

Bulan ini 2825

Total 108522