Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tallunglipu || Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan pengawasan pangan untuk memastikan bahan pangan yang diperdagangkan bebas dari kandungan zat kimia berbahaya bagi kesehatan seperti formalin khususnya komoditas ikan dan daging di pasar Subuh, Bolu yang dimulai dari pukul 23.00, Jumat (21/12).

Dalam sesi wawancara, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Daniel Silambi menuturkan, kegiatan Pengawasan Pangan Segar dan Pangan Olahan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah bersama instansi terkait merupakan bentuk implemantasi Perda No.20 Tahun 2017 yang ditujukan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari paparan bahan pangan yang berbahaya bagi kesehatan. 

Dengan cukup banyaknya bahan pangan yang berasal dari luar, menuntut pemerintah daerah Toraja Utara untuk senantiasa proaktif dan berkelanjutan melakukan tindakan preventif melalui pemeriksaan bahan makanan yang dipasarkan di wilayah Kabupaten Toraja Utara.   

"Salah satu tugas Pemerintah Daerah adalah menjaga dan melindungi Kesehatan masyarakatnya serta memberikan rasa aman untuk mengkonsumsi makanan yang sehat tanpa tercemar oleh zat-zat yang berbahaya. Untuk itu, kegiatan pemeriksaan pangan khususnya ikan dilaksanakan pada malam ini," jelas Daniel Silambi' 

Senada dengan Asisten Bidang Ekbang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Barnetje S. Toban menuturkan para pedagang lokal maupun menyuplai bahan pangan mesti mengetahui bahwa pemeriksaan bahan pangan dijalankan sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah dan regulasi yang telah ditetapkan, yaitu Perda Nomor 20 Tahun 2017, Perbup Nomor 15 Tahun 2018, dan Keputusan Bupati Toraja Utara Nomor 191/IV/2018, yang semata - mata ditujukan sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat dalam memperoleh makanan yang sehat dan aman.

Selain ikan basah, ikan kering pun menjadi sasaran pemeriksaan. Hasil pemeriksaan dari sampel yang diambil, terdapat dua jenis ikan kering yang akan diuji kembali di laboratorium Dinas Kesehatan.

Author & Photo: Gabriel
LPDI Komunikasi Publik - Diskominfo.SP

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 17

Kemarin 123

Minggu ini 17

Bulan ini 3397

Total 114822