Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara mengadakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Ibu dan dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional di halaman kantor Bupati Rantepao, dengan mengusung tema "Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa."

Yang bertindak selaku Pembina Upacara pada peringatan hari Ibu ke-90 tersebut adalah Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ST dan sebagai Pemimpin Upacara adalah Camat Sa'dan, Yamarlin Mangiri serta Perwira Upacara adalah Kadis Ketahanan Pangan Barnetje S.Toban.

Dalam amanatnya, Yosia Rinto menuturkan, Perempuan merupakan bagian penting dalam perjuangan dan kebangkitan bangsa yang mutlak dipandang setara dengan kaum laki-laki. Penghormatan kepada kaum perempuan merupakan wujud kebesaran bangsa Indonesia dan semakin tingginya kesadaran akan peran perempuan dalam memajukan bangsa.

"Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai kaum perempuan Indonesia, yang berjuang bersama kaum laki laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat".

lebih lanjut, Rinto juga menambahkan: "Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki serta memiliki peran dan kedudukan yang setara didalam mencapai tujuan Negara serta didalam memperjuangkan kesejahteraan disemua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, social, politik, dan hukum",tambahnya.

Diakhir amanatnya, Yosia Rinto menyampaikan harapannya agar kaum perempuan dapat termotivasi meningkatkan kapasitas dan keterampilannya untuk terlibat mengembangkan usaha-usaha perekonomian yang mandiri yang manfaatnya dapat dirasakan oleh keluarga, masyarakat dan daerah.

"Akhirnya, saya mengajak semua perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa",kuncinya.

Tampak pula dalam upacara ini dihadiri Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Toraja Utara, perwakilan Organisasi-Organisasi Wanita se-Toraja Utara, serta Lingkup Aparatur Sipil Negara Pemda Toraja Utara.

Author & Photo: Gabriel
LPDI Komunikasi Publik - Diskominfo.SP

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 16

Kemarin 230

Minggu ini 471

Bulan ini 4174

Total 120853