Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Kategori >> Berita Pembangunan Daerah

Nanggala || Sektor Pariwisata pada empat tahun belakangan ini menunjukkan andilnya dalam pembangunan nasional Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan kontribusi sektor pariwisata pada devisa negara yang melampaui kontribusi sektor migas dan serapan tenaga kerja yang juga signifikan.

Pertumbuhan sektor pariwisata nasional ini tentunya merupakan bukti komitmen semua stake holder pariwisata baik pemerintah, swasta dan masyarakat, di pusat maupun di daerah untuk menjadikan pariwisata sebagai sumber vital perekonomian baik pada lingkup nasional maupun di daerah.

Bagi Kabupaten Toraja Utara sendiri sebagai salah satu kawasan pengembangan pariwisata, sejak terbentuknya 10 tahun lalu pemerintah kabupaten Toraja Utara telah mengupayakan berbagai dukungan program pengembangan untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, diantaranya melaksanakan kegiatan promotif berupa pelaksanaan even - even pariwisata tahunan, penyediaan ruang terbuka publik, mengundang investor untuk turut mengembangkan potensi pariwisata lokal seperti agrowisata dan infrastruktur pariwisata dan infrastruktur pendukung khususnya akses ke lokasi obyek wisata yang meskipun dalam jumlah yang masih terbatas.       

Kesadaran Kolektif Masyarakat Terhadap Lingkungan Bangun Citra Positif Pariwisata Daerah

Dukungan dari masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor penting dalam upaya pembangunan kepariwisataan di Toraja Utara. Kesadaran masyarakat yang peduli kebersihan lingkungan akan mendorong terciptanya image positif kepariwisataan yang juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong yang datang berkunjung menikmati keindahan alam dan adat istiadat Toraja Utara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kominfo.SP Toraja Utara Fitra yang juga memimpin rombongan Bakti Sosial Peduli Lingkungan Diskominfo.SP saat melihat langsung kondisi limbah sampah yang dibuang sembarangan di lokasi sepanjang jalur Kawasan Hutan Lindung Nanggala melalui jalan poros Rantepao - Palopo hingga ke Kaleakan Nanggala, Jumat (11/1).

Fitra melanjutkan, infrastruktur pendukung dan sampah saat ini memang menjadi isu sentral yang paling banyak disorot oleh publik pemerhati pembangunan kepariwisataan di Toraja Utara. Untuk fasilitasi sarana fisik menurut Fitra, masyarakat harus memahami pengadaan infrastruktur sangat dipengaruhi oleh kapasitas fiskal daerah, intervensi dana pusat dan juga minat investasi swasta ke daerah sehingga pengadaannya pada sektor tersebut dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan.

"sepanjang pemantauan kami, infrastruktur dan sampah di kabupaten kita ini masih menjadi topik perbincangan kritis masyarakat dan juga para wisatawan yang berkunjung ke Toraja Utara. Ini perlu masyarakat juga pahami bahwa sejauh ini untuk kita Pemerintah daerah sudah berupaya melakukan peningkatan prasarana pendukung tersebut yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan dilakukan dengan bertahap, termasuk juga berbagai upaya pemerintah untuk bekerjasama dengan pihak swasta untuk berinvestasi di daerah kita." ungkapnya.

Sementara, melihat kondisi sampah yang didapati pada wilayah jalan poros kawasan hutang lindung Nanggala, Fitra menghimbau kepada semua masyarakat pengguna jalan yang melewati kawasan tersebut untuk turut memiliki rasa tanggung jawab menjaga kebersihan area tersebut mengingat kawasan tersebut menjadi salah satu pintu masuk ke Kabupaten Toraja Utara.

"sebagai beranda Toraja Utara, kebersihan lingkungan di wilayah ini harus kita utamakan. Masalah kebersihan tidak hanya urusan pemerintah saja, tapi juga menjadi tanggung jawab kita semua dengan masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan yang bersih. prasarana kalau tidak diikuti dengan kesadaran masyarakat dengan ubah perilaku untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman dampaknya juga tidak akan positif bagi lingkungan pariwisata kita." jelas Fitra.

Pada aksi Jumat Bersih dan Bakti Sosial tersebut, aksi Bakti Sosial Peduli Lingkungan Diskominfo.SP Toraja Utara berhasil menyisir 9 titik konsentrasi sampah yang dibuang oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Dari hasil aksi kebersihan tersebut terkumpul 20 trash bag yang didominasi oleh sampah non organik berupa sampah plastik kemasan minuman dan makanan.

Aksi Jumat bersih dan Bakti Sosial Diskominfo.SP ini melibatkan jajaran pimpinan, staf PNS dan  PHT Diskominfo.SP Toraja Utara yaitu Kadis Kominfo Fitra, Sekertaris Dinas Kominfo Rosalin Doky, Kabid Komunikasi Publik  Anugrah Y. Rundupadang, Kasubag Umum dan Kepegawaian Habel L. Tolla, Kasubag Program Ritha Tandi, Kasi Pengelolaan Media dan Opini Publik Upa.  

LPDI - Komunikasi Publik Diskominfo.SP Toraja Utara.     

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 12

Kemarin 226

Minggu ini 238

Bulan ini 2825

Total 108522