Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Kondisi rumah keluarga bapak Mente di dusun Balambang yang dua orang anaknya menyandang disabilitas saat dikunjungi Kadis Kesehatan bersama Camat Balusu, Selasa, (23/01)
 

Balusu || Menyikapi temuan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Toraja Utara Eva Stevany Rataba saat berkunjung ke kecamatan Balusu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara Elisabeth Zakaria bersama Camat Balusu Leo Badeng dan Tim Terpadu mengunjungi anggota keluarga penyandang disabilitas yang diakibatkan oleh stunting dan polio yang berada di dusun Balambang, Lembang Balusu Bangunlipu, Kec. Balusu, Selasa, (22/1).

Melalui telepon, Elisabeth Zakaria mengatakan, setelah melihat langsung kondisi kedua anak dari keluarga bapak Mente, pihaknya akan segera melakukan langkah penanganan dengan membawa kedua penderita ke Rumas Sakit untuk memperoleh perawatan.

"langkah awal yang kami berikan adalah memberikan bantuan berupa tikar dan selimut, setelah itu kedua anak ini akan kita bawa ke Rumah Sakit untuk diperiksa oleh Dokter Ahli agar mendapatkan penanganan perawatan sesuai dengan anjuran Dokter Ahli," kata Kadis Kesehatan.

Sebagai informasi, untuk stunting sendiri merupakan salah satu kasus kesehatan yang disebabkan kekurangan asupan nutrisi kronis yang dialami sejak balita yang berakibat pada terhambatnya pertumbuhan, kemampuan motorik dan kognitif yang dapat berlangsung hingga dewasa.

Dari data yang diperoleh melalui Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, diperkiraan kurang lebih 9 juta anak di Indonesia menderita stunting. Sementara untuk Kabupaten Toraja Utara, melalui data hasil PSG Seksi Gizi Masyarakat Tahun 2015 prevalensi balita stunting sebesar 40,3% atau sebanyak 121 kasus dari 2446 kasus yang terjadi di Sulawesi Selatan.

Sementara, faktor kekurangan asupan nutrisi kronis yang berlangsung lama dan masih rendahnya kesadaran perilaku hidup sehat juga sangat terkait erat dengan kondisi sosial ekonomi masyarat. Untuk itu dalam menekan terjadinya kasus stunting, upaya preventif menjadi kebijakan utama yang perlu ditindaklanjuti dengan melibatkan semua sektor terkait yang melibatkan partisipasi masyarakat, dengan menggiatkan edukasi kepada masyarakat dan sekaligus dengan mendorong peningkatan kualitas kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Selanjutnya, agar dapat memperoleh penanganan yang lebih cepat dari pemerintah, Elisabet Zakaria menghimbau kepada masyarakat agar dapat segera melaporkan kepada pemerintah setempat dan petugas kesehatan jika ditemukan anggota keluarga yang mengalami gejala atau menderita stunting. Ia juga meminta kepada petugas kesehatan di unit pelayanan kesehatan di Kecamatan dan Lembang agar proaktif melakukan monitoring terhadap kondisi kesehatan masyarakat agar dapat dilakukan tindakan penanganan yang lebih cepat.

"kami sangat menghimbau kepada seluruh masyarakat Toraja Utara, agar selalu bekerja sama untuk melaporkan jika ada sesama kita yang mengalami kondisi serupa, maupun masalah-masalah sosial lainnya. Jangan malu melaporkannya, karena pemerintah daerah selalu berupa hadir di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya.

Sehari sebelumnya, Senin (21/01), Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Toraja Utara, Eva Stevany Rataba mengunjungi kedua anak penyandang disabilitas tersebut setelah mendapatkan laporan dari petugas pendamping desa. 

Peliput : Gabriel
LPDI - Komunikasi Publik Diskominfo.SP 

 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 17

Kemarin 123

Minggu ini 17

Bulan ini 3397

Total 114822