Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Sesuai Keputusan Bupati Toraja Utara Nomor 261/X/2018, lima orang Pimpinan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Toraja Utara dilantik Bupati Toraja Utara Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si melalui prosesi pengambilan Sumpah di Ruang Kerja Bupati, Rabu (06/03/2019).

Kelima Pimpinan Baznas Toraja Utara Utara periode 2019 - 2024 yang diambil sumpahnya yaitu Drs. H. Tarauna, Drs. H. Bumbun Pakata, M.Ag, Drs. H. M. Jufri, Mali Sallun, S.Sos. M.Si, dan Marwan.

Bupati yang didampingi Kepala Kantor Kemenag Toraja Utara Pretty L. Gasong mengatakan Pemerintah Toraja Utara memberikan perhatian dan dukungan penuh atas pelaksanaan tugas-tugas Baznas di Kabupaten Toraja Utara sehingga tugas Baznas dalam menghimpun dan menyalurkan serta mendayagunakan zakat bagi kepentingan umat, sosial dan kemanusiaan dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Untuk itu Bupati Kalatiku berpesan kepada Pimpinan yang baru dilantik dan juga kepada Kantor Kemenag Toraja Utara agar bersama-sama dengan pemerintah daerah menjadikan Baznas Kabupaten Toraja Utara sebagai lembaga zakat profesional. .

"Badan zakat, Kantor Kemenag, dan bersama elemen-elemen terkait Pemda dapat saling bersinerji dan bekerjasama untuk menghadirkan citra Baznas Toraja Utara tampil dirasakan kehadirannya oleh rakyat dan bermanfaat," kata Bupati Kalatiku.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kalatiku juga berpesan agar Baznas juga dapat berperan dalam pranata sosial sebagi komponen yang mempererat kerukunan umat beragama di Toraja Utara.

"meskipun Baznas memiliki tugas yang terkait dengan zakat, namun saya minta Baznas dapat hadir sebagai lembaga yang dapat memperkokoh kerukunan umat beragama di Toraja Utara," ungkapnya. 

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, Baznas merupakan badan resmi nasional nonstruktural bentukan pemerintah sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang mengelola, menghimpun, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat, infaq, dan sedekah di Indonesia.

Sementara Baznas Kabupaten sendiri secara umum dibentuk sebagai perpanjangan tangan Baznas Provinsi dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah di Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab kepada Pemerintah Kabupaten dan Baznas Provinsi. Basnas Kabupaten dibentuk oleh Dirjen Binmas Islam Kemenag atas usulan Bupati/Walikota. 

Hadir dalam pelantikan pengurus Baznas Kabupaten Toraja Utara yang berlangsung tadi pagi, Kepala BKPP Toraja Utara Yesaya Tangkeallo, Kepala Dinas Kominfo Fitra serta beberapa unsur Kantor Kemenag dan Pemda Toraja Utara.

Ka. Seksi Pengelolaan Media Komunikasi & Opini Publik,
Upa', SH
 
LPDI - Komunikasi Publik Diskominfo.SP

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 17

Kemarin 230

Minggu ini 472

Bulan ini 4175

Total 120854