Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Bup PKMsadan1

Sa'dan || Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan Puskesmas menjadi lokomotif terdepan dalam pelayanan kesehatan pemerintah yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. 

Namun mengharapkan capaian peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang ideal dengan hanya mengadakan sarpras kesehatan saja seperti Puskesmas tidak serta merta akan menyelesaikan masalah pelayanan kesehatan yang dihadapi masyarakat. Dibutuhkah komitmen dan kepercayaan serta kecakapan yang baik dari semua komponen khususnya pemerintah sebagai penyelenggara layanan bersama masyarakat sebagai penerima layanan agar menghasilkan mutu jasa layanan kesehatan Puskesmas yang berdampak pada objektifitas derajat kesehatan masyarat yang memadai.

Arahan tersebut disampaikan Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan saat meresmikan Gedung Puskesmas Sa'dan Likulambe' yang menjadi Puskesmas ke-28 di Kabupaten Toraja Utara, Rabu (06/03/2019).

Bupati menekankan kualitas pelayanan menjadi prioritas yang senantiasa harus menjadi perhatian dan dilaksanakan oleh semua aparatur pemerintah untuk menghadirkan pelayanan yang memuaskan masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat dapat terbangun bahwa pemerintah daerah benar hadir dengan sepenuh hati untuk melayani masyarakatnya.

"Dalam upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di Kecamatan Sa'dan, Lembang Likulambe' pelayanan kesehatan berkualitas  harus di utamakan dalam pelayanan pemerintah." jelas Bupati.

Selain itu, penekanan yang juga Bupati sampaikan dalam sambutannya yaitu soal keakurasian data. Bupati Kalatiku mengingatkan pentingnya data sebagai hulu dari semua penetapan kebijakan dan perencanaan pembangunan pemerintah. Kepemilikan data yang akurat sangat menentukan efektifitas semua program yang diselenggarakan pemerintah.

Karena itu, kepada para Kepala Lembang Bupati menghimbau agar terlibat proaktif dalam melaksanakan penghimpunan data warga secara periodik di wilayahnya masing-masing, dalam hal ini data yang terkait dengan fasilitas jaminan kesehatan masyarakat yang harus akurat dan menyeluruh.

Foto: Bupati Kalatiku menyapa warga saat hadir meresmikan Puskesmas ke-28 di Lembang Likulambe', Kecamatan Sa'dan.

 

Kehadiran Puskesmas Sa'dan Likulambe' ini sudah lama diharapkan kehadirannya oleh masyarakat di beberapa Lembang yang ada di Kecamatan Sa'dan, seperti Lembang Likulambe’, Lembang Pesondongan, Lembang Ballo Pasange’, Lembang Sa’dan Ulusalu bahkan hingga masyarakat di Lembang Roroan Barra’Barra’ Kecamatan Buntu Pepasan mengingat aksesibilitas masyarakat terhadap fasilitas layanan kesehatan terdekat yang ada memiliki jarak tempuh yang masih terbilang jauh untuk dijangkau.

Kepala Lembang Likulambe Yusuf Sampe Limbong mengungkapkan pembangunan Sarpras Puskesmas Likulambe' mulanya diusulkan sejak Musrenbang tahun 2016 dan pembangunan fisiknya terealisasi pada T.A. 2018.  

Dengan beroperasinya Puskesmas yang berlokasi di dusun Pongduatompu Likulambe' ini, Yusuf Sampe Limbong mewakili warga masyarakat mengungkapkan terima kasih dan penghargaannya kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang telah merealisasikan pembangunan sarana Puskesmas ini untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah - wilayah terpencil yang ada di Kecamatan Sa'dan.

Sementara perwakilan tokoh masyarakat mengharapkan kepada pemerintah segera menugaskan tenaga medis dan paramedis sekaligus melengkapi peralatan kesehatan di Puskesmas Likulambe' agar masyarakat dapat segera memanfaatkan fasilitas kesehatan ini.

Dalam acara peresmian Puskesmas Sa'dan Likulambe' ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elizabeth R. Zakaria, S.KM, M.Kes, anggota DPRD fraksi Demokrat Toraja Utara Stepanus Sarese, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta masyarat Lembang Likulambe'.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kalatiku juga menyapa dan berdialog dengan masyarakat setempat yang hadir.(*)

*Reporter: Amos Rapang
LPDI - Komunikasi Publik Diskominfo.Toraja Utara

 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 17

Kemarin 230

Minggu ini 472

Bulan ini 4175

Total 120854