Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Dinkes forumOPD1

Rantepao || Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Bapelitbangda pada Februari 2019 (18 - 21) lalu telah selesai melaksanakan Musrenbang di 21 Kecamatan yang menghasilkan program dan kegiatan prioritas dari tiap kecamatan yang akan dibiayai oleh APBD dan APBN.

Sebagai langkah lanjutan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan serta menyelaraskan hasil Musrenbang kecamatan dengan Rencana Kerja SKPD, Dinas Kesehatan Toraja melaksanakan Forum SKPD bidang Kesehatan di Ruang Meeting R.M. Ayam Penyet, Rantepao, Rabu (06/03). 

Kadis Kesehatan Toraja Utara Elizabeth R. Zakaria, S.KM, M.Kes mengatakan koordinasi lintas sektor di semua lini menjadi prasyarat yang harus dikembangkan agar pelaksanaan setiap program dan kegiatan bidang kesehatan dalam skala prioritas yang telah diselaraskan nantinya akan dapat dilaksanakan dengan baik dan mampu memenuhi sasaran objektifitas produk layanan kesehatan pemerintah yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat khsususnya masyarakat tidak mampu. 

"untuk melaksanakan program ke depan kalau bisa kita bersama-sama dengan OPD, Dusun, Lembang dan Kecamatan, bukan hanya dengan sosialisasi tapi kita harus mengeksekusi apa yang diprogramkan, agar masyarakat betul- betul tersentuh dan merasakan layanan kesehatan terutama pada daerah - daerah terpencil dan setiap program harus ada keterbukaan, BPJS harus diprioritaskan pada masyarakat miskin, pada unit pelayanan dichek tenaga kesehatannya dan kinerja, Masyarakat Toraja Utara Harus Sehat," jelas Elizabeth.

Sementara Kepala Bapelitbangda Toraja Utara Ir. Aris Mantong yang juga hadir pada forum ini mengatakan tahapan perencanaan pembangunan partisipatif model bottom-up ini menjadi sangat penting untuk menghasilkan program kegiatan yang representatif dan benar-benar prioritas sesuai arah kebijakan pembangunan daerah. 

Untuk itu Aris Mantong berpesan agar dalam forum ini semua pihak benar - benar melakukan verifikasi, klasifikasi dan integrasi atas usulan - usulan sektoral dengan spasial bidang kesehatan yang hasilnya akan menjadi bahan pada pra-Musrenbang Kabupaten.    

"Program - kegiatan Renja Kecamatan yang telah disinkronkan dengan Renja OPD, kemudian diusulkan pada pra-musrenbang kabupaten, program apa yang akan diprioritaskan," kata kepala Bapelitbangda Ir. Aris Mantong.

Forum ini juga dihadiri oleh anggota Komisi I DPRD Toraja Utara Israel Makole, SH, MH, perwakilan BPKAD, BPJS Kesehatan, Camat, Kepala Puskesmas se-Toraja Utara serta unsur pimpinan di Dinkes Toraja Utara.

Reporter: Julina Rande; Martinus Silolongan.
LPDI - Komunikasi Publik Diskominfo.SP

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 12

Kemarin 226

Minggu ini 238

Bulan ini 2825

Total 108522