Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Rantepao || Masih lemahnya lini koordinasi dan tata kelola administrasi di Pemerintahan Lembang menjadi fokus penekanan Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ST saat memberikan kata sambutan dan arahan kepada para Kepala Lembang, Camat dan Pendamping Desa pada kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pembangunan Lembang Kabupaten Toraja Utara yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Lembang (DPML) Kabupaten Toraja Utara T.A. 2018, Jumat (9/2/'18).

Koordinasi antara kecamatan dan lembang merupakan proses yang mutlak dilaksanakan untuk menjamin terlaksananya sinergi program kegiatan pembangunan dengan baik, efektif dan tepat sasaran, dalam hal ini seorang camat harus melaksanakan fungsi managemen tersebut (koordinasi) dengan mengarahkan, membina, dan menyeimbangkan serta menyingkronkan kegiatan-kegiatan pembangunan dan pemberdayaan yang dilaksanakan oleh pemerintah lembang dan juga instansi yang ada di wilayahnya. 

"Saya tekankan Koordinasi antara Camat beserta semua Kepala Lembang harus ditingkatkan demi pembangunan yang berkualitas serta dapat meningkatkan perekonomian diwilayah masing-masing. Kepala Lembang jangan membuat program masing-masing yang tidak berguna bagi masyarakatnya", tegas Wabup

Demikian juga dengan tata kelola administrasi Pemerintahan Lembang, dengan tata kelola administrasi,  yang baik akan menjadi suatu ukuran keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan lembang itu sendiri. selain itu, dengan terciptanya penataan administrasi yang benar menjamin terselenggaranya pemerintahan lembang yang akuntabel dan transparan sebagai syarat terwujudnya pemerintahan yang baik (Good Governance) di Pemerintahan Lembang. Olehnya Kepala Lembang serta jajarannya mau tidak mau harus pro-aktif meningkatkan kapasitasnya dan itu dapat diperoleh dengan intensif melakukan koordinasi dan konsultasi ke satuan kerja terkait ataupun pihak-pihak yang berkompeten.

"Selain itu, Pelaporan Administrasi perlu ditingkatkan. Kepala Lembang jangan malu untuk selalu berkoordinasi dengan ibu kadis PMDL, serta saya pun siap 24 jam. Terakhir, Saya harapkan kepada Kepala Lembang, agar perlunya rencana yang matang didalam pengelolaan dana desa. Saya tidak ingin ada Kepala Lembang di Toraja Utara tersangkut masalah hukum",kuncinya.

Sementara itu, Kepala DPML, Rita Rasinan mengungkapkam bahwa demi pembangunan yang terarah, sangat diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik antara Kepala Lembang dengan Camat.

"untuk anggaran 2018 ini, saya menekankan agar Koordinasi dan kerja sama lebih ditingkatkan demi pembangunan yang terarah yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan dapat meningkatkan perekonomian didaerah masing-masing", jelasnya.

Kepala DPLM juga menambahkan, Rapat ini membahas beberapa poin penting yang salah satunya yaitu pertanggung jawaban realisasi penggunaan anggaran fisik.

"Dalam Rapat Koordinasi kali ini, kita juga membahas Evaluasi Laporan Pertanggung jawaban tentang realisasi penggunaan anggaran fisik maupun biaya operasionalnya, Laporan kegiatan tahun 2018 tentang tahapan pencairan, dimana ditahun 2017 mempunyai  dua tahap, untuk ditahun 2018 mempunyai tiga tahap, Selain itu kita akan membahas tentang struktur organisasi Tata Kerja Perangkat Lembang, dimana Lembang di Toraja Utara ini masih berstatus Swadaya, sehingga OTK nya itu harus Dua Tahun dan mempunyai Dua Kepala Seksi",kuncinya.

Dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi ini berlangsung di Ruang Pola, selain Kepala DPML juga turut mendampingi Bupati dalam Rapat tersebut Kepala BPKD dan Aset Toraja Utara, Firdaus Rin Bata.

Author & Foto : Gabriel Steven
Editor : LPID Diskominfo Toraja Utara

 

 
 

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 14

Kemarin 49

Minggu ini 266

Bulan ini 1877

Total 7223