Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

 

Denpina || Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahap Kecamatan di Kecamatan Dende Piongan Napo (Denpina), Senin, 12 Februari 2018.

Pada kegiatan Musrenbang yang berlangsung di Kantor Camat Denpina tersebut, kepada semua stakeholder Musrenbang yang hadir, Bupati menyampaikan pentingnya tahapan perencanaan dalam menyukseskan terselengaranya pembangunan yang efektif disetiap wilayah. Perencanaan yang baik, dalam hal ini membuka ruang bagi semua aspirasi dari setiap-setiap wilayah yang kemudian dianalisis dan dirembukkan bersama-sama oleh semua pemangku kepentingan yang kemudian disusun berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi  terlaksananya dan hasil dari program pembangunan tersebut. Oleh karena itu, dalam tahapan perencanaan dibutuhkan kesepahaman, ketelitian dan kehati-hatian dalam merumuskan dan menetapkan usulan-usulan pogram yang akan diprioritaskan.

"Jika kita salah dalam perencanaannya, pasti akan salah dalam pelaksanaan, pencapaian dan tujuannya. Saya juga minta kepada Bappeda yang diwakili oleh Kepala Bidangnya agar dapat menyusun prioritas secara sistematis dari pekerjan-pekerjaan yang sudah dilakukan ditingkat Lembang dan Lurah," tuturnya.

Bupati juga menambahkan, partisipasi masyarakat dalam pembangunan merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Dalam hal ini Bupati mendorong para semua pemangku kepentingan untuk dapat memberi perhatian pada sektor pertanian yang salah satunya ialah mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam peningkatan sektor pertanian melalui penyediaan stok bibit.

"Selain itu, kita juga membutuhkan partisipasi rakyat pada sektor pertanian. Jadi, sektor pertanian ini harus kita perhatikan juga. Salah satunya ialah menyiapkan bibit-bibit ditingkat lurah dan lembang," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Denpina mengatakan bahwa usulan - usulan program prioritas yang telah disepakati dan direkapitulasi dari setiap Lembang melalui tahap Musrenbang Lembang/Kelurahan yang dilaksanakan akhir tahun lalu semuanya diharapkan dapat terakomodir pada Musrenbang tahap kecamatan.

"Jadi harapan kami bahwa usulan-usulan kami ini dapat menjadi prioritas untuk dapat dilanjutkan ketingkat Kabupaten dan DPRD Toraja Utara," ungkap Y.T. Rammang.

Kepala Bidang Ekonomi Bappeda, Irmawati P dikesempatan yang sama mengungkapkan bahwa pada RKPD 2018 yang di rencanakan pada Musrebang tahun 2017 lalu, 50% usulan prioritas akan dilaksanakan pada tahun ini.

"kami juga sampaikan untuk tahun 2018 ialah RKPD, didalam RKPD kita tahun 2018 dari 2122 usulan yang terakomodir di dalam RKPD 2018 atau yang sudah tertuang di dalam APBD 2018 adalah 1066 usulan. Jadi, sekitar 50% dari usulan musrenbang akan kita laksanakan di tahun 2018 ini," ungkapnya.

Irmayanti juga menambahkan bahwa dalam hal ini pemerintah daerah memandang usulan-usulan program dari Lembang/Kelurahan yang telah terekapitulasi merupakan aspirasi yang penting direalisasikan namun dalam semua stakeholder juga dapat memahami dan memperhatikan kemampuan keuangan pemerintah daerah. 

"Semua usulan kita dari lembang dan lurah akan jadi prioritas tapi tetap kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah kita, kemudian juga ada prioritas dalam RKPD kita yang harus kita ikuti," imbuhnya.

Pada Musrenbang di Kecamatan Denpina ini diikuti oleh para stakeholder yaitu Anggota DPRD Toraja Utara, perwakilan Kodim 1414, Kapolsek Denpina - Sopai, Perwakilan SKPD, jajaran Pemerintah Kecamatan Denpina, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, dan Tokoh Agama.

Musrenbang di Kecamatan Denpina T.A. 2019 ini memprioritaskan bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan infrastruktur.

Author : Swita Turalaki
Photo : Amos Rapang
Editor : LPDI Diskominfo Toraja Utara

 

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 14

Kemarin 49

Minggu ini 266

Bulan ini 1877

Total 7223