Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Umat Kristen Protestan dan Katholik di Toraja Utara dari berbagai denominasi, pada Jumat  (30/03/2018) pagi mengikuti prosesi Ibadah Jumat Agung untuk memperingati Kesengsaraan dan Kematian Yesus Kristus di atas kayu salib.  

Seperti yang berlangsung di Gereja Sta. Theresia, Rantepao, ribuan umat Katholik di Rantepao memadati gereja Sta. Theresia mengikuti dengan hikmat prosesi ibadah Jumat Agung. Pastor Nathanael Runtung yang memimpin ibadah Jumat Agung tersebut dalam khotbahnya menyampaikan kepada umat bahwa kesengsaraan YESUS KRISTUS dimaknai sebagai wujud kemuliaan Kasih TUHAN kepada ciptaan-NYA sekaligus sebagai teladan bagi umat untuk hidup mengasihi TUHAN dan sesama.

Pada Ibadah Jumat Agung di Sta. Theresia juga dilakukan prosesi perakan salib dan penciuman salib sebagai simbol pengakuan umat atas kesengsaraan dan kematian YESUS KRISTUS bagi umat manusia.

Demikian pula dikalangan umat Kristen Protestan di Rantepao juga melaksanakan Ibadah Peringatan Jumat Agung dengan hikmat. Di Gereja Toraja Jemaat Rantepao misalnya, Ibadah Jumat Agung yang diikuti Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang bersama Istri berlangsung hikmat dengan didahului prosesi Jalan Salib. Pada ibadah yang dipimpin Pdt. Christian Tanduk mengangkat tema, "Kuasa Kebangkitan Kristus menjadikan kita Hamba Kebenaran". 

Sementara itu, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Rede Roni Bare mengikuti ibadah Jumat Agung di Gereja Toraja Jemat Elim, Rantepao. Ibadah yang juga dihadiri ribuan jemat ini dipimpin oleh Pdt. Erson Manginte', S.Th.

Peringatan Jumat Agung di Kabupaten Toraja Utara juga melibatkan personil keamanan dari jajaran Polres Tana Toraja yang dibantu aparat Kodim 1414  untuk menjamin keamanan dan ketertiban prosesi ibadah Jumat Agung ini.

Author : Martinus Silolongan; Gabriel Steven; Amos Rapang; Photo : Rafa Ara, Adyanto Patarru
Editor : LPDI DiskominfoSP Toraja Utara

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 134

Kemarin 425

Minggu ini 844

Bulan ini 2885

Total 20827