Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Rantepao || Sebagai kelanjutan dari kegiatan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) berupa pertemuan dengan Kelompok Wanita Tani di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Kesu', Tallunglipu, Tikala dan Kapalapitu, Dinas Ketahanan Pangan Toraja Utara melaksanakan Rapat Koordinasi bersama kelompok KRPL dari 4 Kecamatan tersebut di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Batulelleng, Rabu, (4/4/2018).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Barnetje S. Toban dan dihadiri oleh para pengurus KRPL dari masing-masing kelompok, para penyuluh pertanian serta kepala sekolah yang menjadi sekolah binaan kelompok wanita tani setempat.

"Rapat koordinasi ini membahas cara pengembangan kebun sekolah, kebun bibit atau green house wanita tani, demplot dan pemanfaatan pekarangan anggota serta pengolahan hasil kebun," ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Barnetje S. Toban.

"Diharapkan agar setiap sekolah nantinya untuk memiliki kebun percontohan agar siswa dapat meniru dan memanfaatkan pekarangan rumah mereka masing-masing serta memberi pemahaman kepada siswa mengenai konsumsi pangan B2SA dibawah pendampingan wanita tani dan para penyuluh," tambahnya.

Selain membahas mekanisme program KRPL ini, dalam rakor tersebut juga dibahas pula tata cara pendampingan dan pelaporan oleh penyuluh pertanian selaku pendamping kelompok dan pendamping kabupaten.

KRPL juga nantinya akan meliputi pengolahan hasil pasca panen dalam meningkatkan nilai tambah dari produk hasil pekarangan tersebut.

Author : Martinus SilolonganPhoto : Amos Rapang
Editor : LPDI DiskominfoSP Toraja Utara

 

 

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 137

Kemarin 425

Minggu ini 847

Bulan ini 2888

Total 20830