Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Menyikapi perkembangan inflasi dan juga mengantisipasi risiko resesi ke depan, Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong mendorong Tim Inflasi Pengendali Daerah (TPID) dan semua pihak yang terkait agar memperkuat sinergi dalam upaya berkontribusi terhadap pengendalian laju inflasi, khususnya di Kabupaten Toraja Utara.

”kami meminta kepada kita semua dan seluruh komponen yang ada di Kabupaten Toraja Utara agar melakukan berbagai langkah sinergis, responsif dan tepat sasaran dalam menyikapi potensi inflasi tersebut, khususnya ketersediaan bahan pokok berkoordinasi dengan Bulog dalam pengamanan stok dan pelaksanaan operasi pasar,” kata Frederik Viktor Palimbong saat memberi sambutan pada Rapat Koordinasi TPID Kabupaten Toraja Utara yang berlangsung pagi tadi, Kamis (10/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati berharap agar Rakor TPID yang membahas evaluasi program pengendalian inflasi Kabupaten Toraja Utara dapat menghasilkan output konkrit berupa rekomendasi aksi strategis yang konsen pada stabilisasi harga kebutuhan konsumsi dan ketahanan pangan.

”Kewajiban dalam menjalankan strategi dalam pengendalian inflasi daerah adalah keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif,” imbuhnya.

Tak kalah pentingnya komunikasi persuasif yang perlu diintensifkan ke masyarakat. Wakil Bupati mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara telah melakukan sejumlah aksi khususnya dalam mendukung penguatan ketahanan pangan secara mandiri dengan memanfaatkan areal pekarangan rumah dan perkantoran untuk tanaman pangan serta giat gerakan ”Go Organik.

Sebelumnya, terkait upaya pengendalian inflasi daerah Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Selvius Pasang, S.P., M.P mengungkapkan pada aspek anggaran, TPID telah melakukan langkah optimalisasi perencanaan APBD T.A. 2023 dengan mengevaluasi setiap program kegiatan OPD.

”Oleh karena itu pada pembahasan anggaran kami untuk tahun 2023, saya sudah meminta betul-betul pada OPD terkait fokuskan kegiatannya di 2023 (untuk) mengendalikan inflasi.”

Sekda Salvius Pasang pun kembali mengingatkan agar OPD menfokuskan perencanaan kegiatan di tahun mendatang yang dapat memberi berdampak langsung pada sektor produktif.

Rakor TPID ini juga menghadirkan Narasumber Kepala Bagian Sarana dan Prasarana Perekonomian dan SDA, Abdul Azis Bennu, M.M. dari Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Daerah Setprov Sulsel.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala BPS Toraja Utara, Joni Matasik, Kepala Bagian Perekonomian Setda Toraja Utara, Grace Tandirerung dan diikuti peserta dari Kepala dan Perwakilan OPD terkait, Perwakilan Bulog, dan Perwakilan Bank Sulselbar, Bank BRI dan Bank BNI.

Diskominfo.SP-Toraja Utara – 2022

#Torajautara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 48

Kemarin 191

Minggu ini 1639

Bulan ini 811

Total 477602