Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

web_TPIDokt.jpg

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata resmi menggelar Festival  Budaya Tahun 2022 ditandai dengan pemukulan gendang oleh Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, SE., M.Si bersama Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Viktor Palimbong, ST, Sekda Toraja Utara Salvius Pasang, SP., MP, Kepala Dinas Pariwisata Toraja Utara Matius Sampelalong serta Jajaran Forkopimda. (Rabu, 9/11/2022).

Selain pemukulan gendang, acara pembukaan Festival Budaya Toraja juga menampilkan berbagai kesenian dari Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Wajo.

Festival Budaya Toraja Tahun 2022 dilaksanakan di lapangan Bakti Rantepao mulai dari tanggal 9-13 November 2022 yang akan menampilkan berbagai Lomba Kesenian Tradisional dengan mengangkat tema "Mana’ Maballona Toraya".

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE., M. Si dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan menyampaikan bahwa kehadiran kita di tempat ini adalah dalam rangka mendukung dan mengangkat kembali budaya serta kesenian Toraja yang sudah hampir punah.

“tentu maksud dan tujuan kegiatan adalah mengangkat nilai-nilai budaya yang sudah hampir punah", Ungkap Bupati Toraja Utara.

"Sesuai tema yang diangkat adalah "Mana’ Maballona Toraya" adalah wujud kecintaan terhadap kesenian dan budaya Toraja dimana hal ini yang akan diwariskan ke generasi muda kita, tentu adanya event ini dapat membantu juga untuk pemulihan ekonomi akibat adanya pandemi dan resesi ekonomi yang melanda di berbagai negara termasuk Indonesia semoga hadirnya lomba ini dapat membangkitkan kembali gairah perekonomian di bidang pariwisata di Toraja Utara", tambah Yohanis Bassang

Bupati Toraja Utara juga menyampaikan bahwa dalam perlombaan nantinya bahwa  Juara bukanlah segala-galanya, tetapi diharap kegiatan ini memberikan output untuk kelestarian adat, budaya dan pariwisata kita disisi lain memberikan feedback di sisi ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Toraja Utara, Matius Sampelalong melaporkan Maksud dan tujuan kegiatan adalah bagaimana menggairahkan kembali kesenian dan budaya Toraja yang hampir punah, kegiatan juga bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai jenis kerbau Toraja yang di konteskan, selain itu membantu Pemerintah mengoptimalkan daya tarik wisata guna menunjang meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Peserta adalah masyarakat Toraja Utara yang ada di 21 Kecamatan, 40 Kelurahan dan 111 dan akan mengikuti  lomba Baca Sura' Madatu, Pa' Gellu Tua, Gora-Gora Mali', To Ma' Lambuk, Pa' Pompang, Ma' Pelle', Massuling Lembang, To Ma' Dandan, To Manimbong, To Ma' Daga dan Kontes Kerbau.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut  Ketua TP PKK Kab. Toraja Utara, Agustina M. Bassang,  Kepala Bank Sulselbar, Kepala OPD, Camar serta Para Peserta Lomba.

Diskominfo.SP-Toraja Utara – 2022

Kunjungi www.torajautarakab.go.id

FB Page :Pemerintah Kabupaten Toraja Utara

Instagram: @pemkabtorajautara

Twitter :@pemkabtorut

#torajautara #pemkabtorajautara #pemdatorajautara #festivalbudayatoraja2022 #festivalbudayatoraja

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 58

Kemarin 191

Minggu ini 1649

Bulan ini 821

Total 477612