Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Wabup roadshowStunting15032023b

Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong bersama Kapolres Toraja Utara dan Sekretaris Daerah Salvius Pasang serta para pimpinan OPD terkait mengikuti road show virtual meeting Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendi, Rabu (15/3/2023).

Dalam kesempatannya Wabup yang akrab disapa bung Dedy kepada Menko PMK memaparkan garis besar isu terkait penanganan percepatan penurunan stunting dan kemiskinan ekstem di Kabupaten Toraja Utara yakni kondisi ter-update, langkah yang telah dilakukan, kendala yang dihadapi serta solusi dan usulan penanganan.

Berdasarkan pembandingan data stunting Tahun 2021, Toraja Utara pada tahun 2022 mengalami peningkatan persentase sebesar 34,1% atau naik 1.5 poin dari tahun 2021, sehingga menunjukkan kinerja percepatan penurunan stunting Toraja Utara masih di bawah target nasional.

Menurut Dedy kondisi tersebut menunjukkan bahwa formulasi sejumlah program percepatan penurunan stunting belum relevan dengan aspek spesifik yang ada di daerah seperti geofgrafi, kultur, dan ekonomi yang perlu dicermati kembali sehingga dalam tahap implementasi dapat berjalan efektif di setiap daerah.

Berbeda dengan kondisi stunting, kinerja penanganan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Toraja Utara pada tahun 2022 mengalami progress capaian positif yang mampu melampaui capaian nasional. Dipaparkan, telah terjadi penurunan jumlah individu berstatus miskin ekstrim dari 4.120 jiwa menjadi 3.990 atau turun dari 1,74% menjadi 1.69%. Sedangkan secara kumulatif persentase kemiskinan tahun 2022 di Kabupaten Toraja Utara juga turut mengalami penurunan dari 11,99% di tahun 2021 menjadi 11,65%. Pencapaian tersebut salah satunya turut dipengaruhi oleh kinerja realisasi penyaluran berbagai bantuan social di Toraja Utara antara lain PKH, BLT, BPNT, PBI, Disabilitas, Lansia, dan KAT yang rata-rata menyentuh 98%.  

Sementara Menko PMK RI, Muhadjir Effendi meminta kepada seluruh Kepala Daerah di Sulawesi Selatan afar mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan sumber daya daerah yang dimiliki guna mempercepat penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di daerah masing-masng.

“Daerah yang angka prevelensi stuntingnya masing tinggi di atas 30% masih harus bekerja keras, Oleh karena itu mohon betu-betul dimanfaatkan sumber dana, (dan) SDM yang ada di masing-masing kabupaten untuk melakukan pembenahan,” kata Menko PMK.

Mengko PMK juga menekankan pada aspek SDM sebagai komponen penting dalam menggerakkan program penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem. Ia meminta agar setiap daerah baik secara mandiri maupun kolaboratif dengan pihak lain dapat meningkatkan kegiatan pengembangan kualitas pengetahuan dan keterampilan SDM tenaga kader kesehatan yang dapat bekerjasama dengan BKKBN, Kemenkes, dan APBD sehingga dapat menjadi tenaga pengukur yang tepat dan akurat.  

Selain itu, Muhadjir Effendi juga menyinggung soal penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD). Ia meminta agar Pemerintah Kabupaten dapat memberikan dukungan asisten kepada Pemerintah Desa agar dapat memaksimalkan pemanfaatan ADD dengan membuat program kegiatan yang sinkron dengan penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim.

Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi provinsi ke-19 lokus Road show virtual meeting Menko PMK dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting Dan Kemiskinan Ekstrem yang diikuti Pimpinan dan perwakilan 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.

Diskominfo-SP - 2023    

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 90

Kemarin 224

Minggu ini 1108

Bulan ini 7075

Total 594473