Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Dalam menumbuh kembangkan kembali semangat dan nilai-nilai luhur Pancasila dan pengamalannya dalam berbangsa dan bernegara, tahun 2016 yang lalu, Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, melalui Kepres No 24/2016 telah menetap hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Meskipun di tetapkan sebagai hari libur nasional, semua instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah tetap wajib melaksanakan Upacara Bendera.

Untuk mendengungkan kembali semangat Pancasila tersebut, pagi tadi, Kamis, 1 Juni 2017 Juni Pemerintah Kab. Toraja Utara menggelar Upacara Bendera memperingati hari Lahir Pancasila yang juga serempak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si yang bertindak selaku Pembina Upacara dalam arahannya menegaskan pentingnya nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila untuk mempersatukan semua komponen bangsa dari segala bentuk perpecahan yang akan menghambat jalannya pembangunan menuju masyarakat yang sejahtera. Beliau menekankan untuk menjaga dan mengembangkan sikap toleransi di kabupaten Toraja Utara mengingat kondisi sosial politik nasional belakangan ini yang sarat dengan aksi-aksi provokatif dan radikalisme untuk memecah belah persatuan bangsa. Dengan menjaga sikap toleran, menunjukkan bukti bahwa masyarakat Toraja, khususnya Toraja Utara adalah masyarakat yang menghargai dan menjunjung tinggi kemajemukan dan dapat hidup harmonis dalam keberagaman tersebut sebagai insan yang beriman dan bertakwa kepada TUHAN Yang Maha Esa seperti yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila.

"Kita harus menolak segala bentuk Radikalisme dan meningkatkan sikap hidup toleransi terhadap suku-suku yang ada di Indonesia, selain itu Toleransi terhadap beragamnya agama di Indonesia, wajib kita tingkatkan pula", jelas Bupati dalam pidatonya di upacara tersebut.

Dalam upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertempat di halaman Kantor Bupati Toraja Utara ini, yang bertindak selaku pemimpin upacara yaitu Letris Parubak, S.Stp. Sementara itu tampak hadir di tamu undangan Ketua DPRD Kab. Toraja Utara, para pejabat pimpinan OPD, Kasdim Kodim 1414 Semuel Lesdan serta Kapolsek Rantepao, Simon, SH.

Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 ini ditetapkan tema Nasional "Saya Indonesia, Saya Pancasila". Juga diselenggarakan Pekan Pancasila yang dimulai dari tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2017.

#SayaIndonesiaSayaPancasila #PekanPancasila #PancasilaReborn

Editor    : LPIPA Diskominfo Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
KOMPLEKS PERKANTORAN PEMKAB. TORAJA UTARA MARANTE,
JL. POROS RANTEPAO-PALOPO, KEC. TONDON, SULAWESI SELATAN - 91831
FAX: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
Layanan PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 135

Kemarin 371

Minggu ini 1597

Bulan ini 5461

Total 600419