Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO - Dalam rangka memperingati hari SUMPAH PEMUDA KE-89 sekaligus peringatan HUT Provinsi Sulawesi Selatan Ke-389, pagi tadi (Jumat, 27/10/2017) bertempat di Lapangan Bakti Rantepao digelar upacara Sumpah Pemuda yang diikuti oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, pelajar, mahasiswa dan OKP yang ada di Toraja Utara.

Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si, selaku pembina pada upacara tersebut dalam arahannya mengatakan sejarah mencatat dengan jelas tumbuhnya kesadaran pemuda Indonesia atas pentingnya persatuan Indonesia yang tercetus pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan manifestasi nyata akan semangat kebangsaan pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari balenggu penjajahan.

Kontribusi pemuda melalui Sumpah Pemuda yang tercatat dengan tinta emas dalam sejarah bangsa Indonesia mestinya dapat menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia era milenial untuk menanamkan tekad kebangsaan serta memberikan aksi aksi nyata dalam menjaga persatuan bangsa yang salah satunya dengan melawan segala bentuk paham dan gerakan radikal dan intoleransi yang berusaha memecah belah keutuhan bangsa.

"Dalam rangka hari Sumpah Pemuda, kita mengenang bagaimana pemuda-pemuda saat itu di tahun 1928, mereka bersatu di Jakarta, bertekad menawarkan sebuah persatuan, sebagai suatu bentuk kesadaran generasi muda yang memandang pentingnya kesatuan tekad perjuangan generasi muda untuk mengobarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Kesatuan dan Persatuan yang di deklarasikan saat itu, menegaskan bahwa, pemuda harus turut berjuang bersama bangsa Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan, kemerdekaan yang adalah hak seluruh bangsa" kata Bupati.

Lebih lanjut ditambahkannya, "Sumpah Pemuda yang kita saat ini peringati, memiliki pesan penting bagi pemuda Indonesia yaitu untuk selalu setia pada Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa dan negara. Untuk itu, pemuda Indonesia harus berani bersatu melawan radikalisme & intoleransi.", imbuhnya.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini juga diikuti oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ST, Dandim 1414 Tana Toraja, para anggota DPRD, Setda Toraja Utara, Drs. Rede Roni B, Kapolsek Rantepao dan para kepala SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan yang bertindak selaku pemimpin upacara tersebut yaitu Aren Maliku, Lurah Malango',

Dalam kesempatan itu juga, setelah prosesi upacara selesai, BPD Sulselbar menyerahkan bantuan kepada Pemda Toraja Utara berupa enam unit gerobak sampah yang diterima langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara.

Editor    : LPIPA Diskominfo Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 269

Kemarin 384

Minggu ini 269

Bulan ini 9412

Total 294709