Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TIKALA || Tahapan proses pelebaran ruas Jalan Provinsi yang melintas di wilayah administrasi Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yaitu ruas jalan poros Tikala - Kapalapitu sepanjang 10 Km telah mulai dilaksanakan pada semester ke 2 tahun ini, salah satu tahapan yang sedang berjalan yaitu proses pengukuran jalan.

Hal tersebut dilaporkan Camat Tikala Yonathan Tandiseru pada pertemuan Sosialisasi Pelebaran Jalan Poros Tikala Kapalapitu yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Selasa (16/7) yang juga turut dihadiri Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan.

Yonathan menyampaikan, sepanjang pelaksanaan pengukuran ruas jalan yang terkena pelebaran tidak ditemui adanya kendala, demikian juga dengan tangapan masyarakat setempat yang memberikan sambutan positif.

"pada saat ini kita sedang melaksanakan pengukuran jalan yang akan mendapatkan pelebaran dan sampai saat ini kegiatan pengukuran direspon positif oleh masyarakat," jelas Camat Tikala.

Pelebaran jalan poros Tikala - Kapalapitu ini dilakukan untuk memenuhi standar ukuran jalan provinsi yang akan memberikan dampak pada peningkatan konektivitas antar wilayah yang dilayani oleh moda jalan poros ini. Dengan adanya pelebaran jalan akan memberikan dampak pada perekonomian masyarakat maupun daerah, mengingat jalan poros ini ini juga merupakan jalur logistik masyarakat. Selain itu jalur poros ini juga menghubungan beberapa site objek wisata yang tentunya membutuhkan akses yang baik.

Bupati Kalatiku menerangkan, Pemerintah menyadari, di manapun proyek preservasi maupun pelebaran jalan akan berimbas kepada masyarakat khsususnya yang terdampak langsung oleh pengerjaan ini. Namun yang harus dipertimbangkan dan dimaknai secara positif ialah prospek kemanfaatannya ke depan yang akan menunjang pembangunan perekonomian masyarakat dan daerah Toraja Utara.

"ini merupakan peluang emas bagi kita masyarakat Toraja Utara khususnya masyarakat kecamatan Tikala dan Kapalapitu jadi kita manfaatkan sebaik mungkin," ungkap Bupati

Bupati juga menambahkan Pemkab Toraja Utara sangat terbuka bagi masukan dan aspirasi masyarakat terkait program pelebaran jalan ini untuk dibicarakan secara musyawarah.

"kalau pun ada keluhan masyarakat kita akan sama-sama mencarikan jalan keluar," imbuh Bupati Kalatiku.

Untuk tahap pertama, pelebaran akan dilakukan sepanjang 4 km di poros Sereale Tikala - Baruppu.

Sosialisasi yang berlangsung di Kantor Kecamatan Tikala ini hadiri Anggota DPRD Toraja Utara Israel Makole, Kepala BAPPEDA Toraja Utara Aris Mantong, Perwakilan Dinas PU Provinsi Sulawesi Selatan, Para Kepala Lembang, Lurah serta Tokoh Masyarakat.

#HUTKE11TORAJAUTARA #HUTTORAJAUTARA2019
#torajautara #sulawesiselatan
 
Reporter: Martinus; Amos
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 38

Kemarin 252

Minggu ini 641

Bulan ini 5537

Total 138005