Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Dengan mengadaptasi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terus melakukan pengembangan dan pemutakhiran aplikasi sistem informasi pembangunan daerah (SIMDA Perencanaan/e-planning) yang terintegrasi dengan aplikasi SIMDA Keuangan (e-budgeting)

Pemutakhiran sistem ini merupakan bagian penting dari upaya membantu pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan program pembangunan yang objektif, konsisten dan tersingkronisasi antara perencanaan dengan penganggaran daerah, dan secara otomatis juga akan menjadi akses bagi fungsi kontrol dan pengawasan terhadap pengelolaan APBD untuk menjamin terselenggaranya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan di daerah.

"beberapa tahun lalu penggunaan aplikasi SIMDA, BPKP harus bisa mengembangkan aplikasi dengan tujuan pengawasan yang memang dirancang dalam kontrol sistem penggunaan anggaran di setiap daerah," ungkap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulsel Arman Sahri Harahap saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi e-Planning SIMDA terintegrasi di Kabupaten Toraja Utara yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara pada hari Senin, (15/7).

Karena dirancang juga untuk kepentingan fungsi pengawasan dan pengendalian, e-planning terintegrasi ini mampu memberikan informasi lengkap yang menyimpan semua proses perencanaan, penyusunan anggaran, hingga penggunaan anggaran yang juga dapat menjadi dasar bagi pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan dalam melakukan evaluasi maupun pengendalian atas kinerja Perangkat Daerah.

"SIMDA perencanaan adalah alat kontrol untuk mengatur dan melihat kinerja setiap OPD/SKPD dalam pemeriksaan keuangan," imbuh Arman Sahri.

Sementara, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan yang hadir membuka kegiatan Sosialisasi ini menekankan agar semua aparatur Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Toraja Utara yang terkait dengan perencanaan dan penganggaran nantinya mampu menguasai penggunaan aplikasi e-planning ini untuk mendorong peningkatan kinerja pengelolaan keuangan daerah lebih baik, efektif, efisien dan akuntabel.

Untuk menunjukkan komitmen pemerintah melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Bappeda Toraja Utara ini dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dengan BPKP tentang Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang ditandatangani Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dengan Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sulsel Arman Sahri Harahap.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini turut turut disaksikan langsung oleh Kepala Bappeda Ir. Aris Mantong dan Kepala BPKAD Matius Sampelalong bersama peserta yang hadir.

Pengintegrasian SIMDA Perencanaan juga merupakan bagian dari renaksi Kinerja Program Koordinasi Dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) KPK yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, yang mana berdasarkan analisis dan evaluasi selama ini, titik awal aktivitas korupsi yang umumnya terjadi di Pemerintah Daerah dilakukan pada tahap perencanaan. SIMDA sendiri dalam fungsinya sebagai aplikasi preventing corruption akan mencatat dan merekam segala aktivitas penginputan program kegiatan, termasuk pegawai yang melakukan penginputan perubahan.      

Reporter: Basry
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 39

Kemarin 252

Minggu ini 642

Bulan ini 5538

Total 138006