Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Bupati Kalatiku Paembonan menyerahkan dokumen yang berisi 30 Rekomendasi Dewan Penyantun Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja kepada Rektor UKI Toraja Prof. Dr. Ir. Daud Malamassam, M.Agr., IPU. yang sebelumnya diserahkan kepada Bupati Kalatiku oleh Ketua Dewan Penyantun UKI Toraja Prof. Dr. Jonathan Salusu, MA. Penyerahan rekomendasi ini berlangsung di ruang kerja Bupati Toraja Utara, pada hari Sabtu (20/7).

Sektor pendidikan di Kabupaten Toraja Utara dalam pemerintahan periode ini menjadi salah satu wilayah fokus pembangunan yang terus ditingkatkan oleh Pemerintah.

Peningkatan sektor pendidikan ini telah dilakukan diantaranya dengan pemenuhan alokasi anggaran APBD untuk sektor pendidikan sesuai amanat UU, juga peningkatan kapasitas dan kualitas guru beserta peserta didik.

Demikian juga untuk jenjang Pendidikan Tinggi (PT), Pemkab selama ini telah melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi yang ada, termasuk UKI Toraja sebagai mitra dalam pembangunan pemerintahan maupun kemasyarakatan.

Bentuk kerjasama yang telah berjalan dengan baik antara PT UKI Toraja dengan Pemkab Toraja Utara yakni  penempatan lokasi KKN, pembuatan naskah akademik, penelitian dan kajian akdemik serta pengawasan berbagai program pembangunan pemerintah.    

Menyambut pemberian rekomendasi ini Bupati mengungkapkan, Perguruan tinggi UKI Toraja selama ini telah turut berperan besar dalam menunjang akselerasi pembangunan di Toraja Utara, khususnya keterlibatan civitas akademika UKI Toraja melalui kajian – kajian dan penelitian dalam program pembangunan pemerintah di Toraja Utara.

Olehnya Pemkab Toraja Utara berharap agar hubungan kemitraan dalam bentuk kolaborasi dengan pihak PT UKI Toraja dapat terus ditingkatkan mengingat potensi besar yang dimiliki kabupaten ini menantikan pengelolaan handal dari sarjana - sarjana berkualifikasi profesional dengan kapasitas dan kompetensi keilmuan yang spesialis sehingga dapat menjadi sumber kesejahteraan masyarakat.

Ada beberapa poin penting dalam Rekomendasi Dewan Penyantun UKI Toraja ini, yang juga menjadi isu strategis yang terkait dengan pembangunan di Toraja Utara, diantaranya pada aspek Pariwisata, budaya dan ekonomi kerakyatan.

Pada aspek Pariwisata, UKI Toraja direkomendasikan untuk membentuk lembaga yang konsern pada pengembangan kepariwisataan di Toraja. Lembaga ini nantinya menjadi mitra pemerintah dalam hal penyediaan informasi naskah akademik seperti makalah, skripsi, tesis, disertasi, hingga jurnal – jurnal penelitian yang terkait dengan kepariwisataan di Toraja. Dengan tersedianya naskah dapat membantu Pemerintah Kabupaten sekaligus menjadi mitra pembangunan dalam pengembangan kepariwisataan di kawasan Toraja. Masih lemahnya sistem pendokumentasiaan dan pengarsipan terhadap naskah akademik disinyalir menjadi salah satu faktor yang meminimalkan referensi pemerintah dan stakeholder kepariwisataan dalam merencanakan dan menyusun program - program pembangunan kepariwisataan Toraja yang objektif dan tepat sasaran.

Sementara di aspek ekonomi, Dewan Penyantun mendasari rekomendasinya pada isu pertumbuhan ekonomi micro produktif, yang mana para masyarakat pelaku usaha mikro produktif di Toraja pada umumnya belum atau tidak memiliki pengetahuan managemen yang cukup untuk membangun, mengembangkan usahanya sendiri. Di sini Perguruan Tinggi UKI Toraja melalui skema pembentukan Lembaga Pusat Inkubator akan membangun kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten. Peran Pemerintah Kabupaten melalui kewenangannya dalam skema ini ini akan mewajibkan semua pelaku usaha mikro produktif untuk mengikuti pembinaan dan bimbingan yang diselenggarakan oleh UKI Toraja. Materi pembinaan dan bimbingan tersebut mencakup manajemen usaha kecil mulai dari perencanaan usaha, manajemen keuangan, pemasaran, hingga adaptasi teknologi pada media usaha mikro. Jika masyarakat pelaku usaha mikro produktif memiliki pengetahuan ini, diyakini akan menstimulus pertumbuhan usaha – usaha UMKM yang akan membangun kemandirian perekonomian kerakyatan di Toraja.  

Pada penyerahan Rekomendasi ini juga dihadiri oleh Pengurus anggota Dewan Penyantun diantaranya Prof. dr. DR. John Rambulangi, SpOG, Rektor UKI Toraja, beserta jajaran civitas akademika UKI Toraja. Selain itu juga hadir Direktur Sistem Inovasi Kemristek Dikti Dr. Ir. Ophirtus Sumule, DEA yang juga menjadi salah satu Pengurus Dewan Penyantun UKI Toraja.

Kepala Bidang Komunikasi Publik,
Anugrah Y. Rundupadang
 
 

LPDI - Komunikasi Publik   

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 38

Kemarin 252

Minggu ini 641

Bulan ini 5537

Total 138005