Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Rede Roni Bare mengingatkan jika Peraturan Daerah (Perda) menjadi komponen penting yang paling mendasar bagi pemerintah Toraja Utara dalam upayanya melakukan pembenahan proses pelayanan investasi dan perizinan yang selama ini masih ada dikeluhkan masyarakat.

Dengan demikian dalam tahap pengkajian dan penyusunannya (rancangan perda) hingga finalisasi, regulasi harus dibangun berdasarkan komitmen pembaharuan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada publik, sebab melalui regulasi (perda) yang mampu menghadirkan paradigma baru pelayanan pemerintah Toraja Utara yang mudah, cepat, efektif, efisien dan transparan akan mendorong peningkatan kepercayaan publik kepada pemerintahan yang pastinya berdampak pada pertumbuhan perekonomian daerah ke arah yang positif.

Hal itu diungkapkan Sekda Rede Roni terkait pembahasan penyusunan Rancangan Perda Penyelenggaraan Pelayanan Satu Pintu di forum Konsultasi Publik yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan terpadu Satu Pintu dengan melibatkan legislatif DPRD Toraja Utara, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UKI Toraja, Perangkat Daerah Terkait, Camat, LSM, Perwakilan Asosiasi Pengusaha, dan Tokoh Masyarakat, pada hari Jumat (2/8) di Meeting Room Restoran Ayam Penyet Ria Rantepao.

"rancangan peraturan ini sudah sampai tahap final, sebab itu akan menjadi payung hukum bagi pelayanan PTSP serta dasar hukum untuk menerima investor yang datang di Toraja Utara. Selain itu, koreksi dan masukan pada beberapa pasal, dan juga ada yang dinyatakan sangat baik, maka tinggal kita laksanakan dengan konsisten setiap butir- butirnya untuk melayani masyarakat dengan baik, dan keluhan pelayanan akan semakin berkurang dari masyarakat," ungkap Sekda Rede Roni.

Sekda Rede Roni juga menyampaikan apresiasi Pemkab Toraja Utara atas keterlibat institusi perguruan tinggi UKI Toraja yang masuk dalam Tim Penyusun Naskah Akademik Rancangan Perda Penyelenggaraan Pelayanan Satu Pintu di Kabupaten Toraja Utara.

"kita sangat mendukung kerjasama dari eksekutif dan Tim penyusun naskah akademik dari UKI (Universitas Kristen Indonesia) Toraja dalam pembuatan rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu," imbuh Sekda.

Sesuai yang terungkap dalam forum Konsultasi Publik ini, dokumen Rancangan Perda Penyelenggaraan Pelayanan Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Toraja Utara terdiri dari 21 bab dan 74 pasal yang mulai digodok dari bulan Januari 2019 hingga Juli 2019.

Di Konsultasi Publik ini juga turut dipaparkan kepada forum beberapa kajian materi sebagai bahan penyusunan Perda PTSP yang dibawakan masing - masing oleh Ketua Pansus 1 DPRD Toraja Utara Paulus Tangke dengan materi "Perspektif Peraturan Perundang Undangan untuk Rancangan Peraturan Daerah Dalam Rangka Memberi Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Melalui Fungsi Legislasi", kemudian materi "Rancangan Peraturan Daerah Dengan Perspektif Kajian Ilmiah Akademik Untuk Penyelenggaraan PTSP" yang disajikan Dr. Milka, S.S, M.Pd yang mewakili Ketua Tim UKI Drs. Isak Pasulu, M.Si, serta materi "Sinkronisasi Peraturan Perundang - Undangan Dalam PTSP Yang Didasarkan Pada Asas - Asas Umum Pemerintahan" oleh Kepala Bagian Hukum Setda Toraja Utara Neti Palin, SH, MH.  

Reporter. Julina Rande; Gabriel
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 39

Kemarin 252

Minggu ini 642

Bulan ini 5538

Total 138006