Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Rantepao || Hari Minggu kemarin, (11/8) Umat Islam di seluruh tanah air memperingati Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang diawali pelaksanaan Shalat Ied bersama - sama. Demikian juga yang berlangsung di Kabupaten Toraja Utara, khususnya di Kota Rantepao dan sekitarnya, Umat Islam dengan penuh hikmat dan suka cita melaksanakan Shalat Ied di tiga lokasi Mesjid yakni di Mesjid Agung Rantepao, Mesjid Nurul Taqwa Bolu dan Mesjid Taqwa Karassik.

Di Mesjid Agung Rantepao sendiri, nampak ribuan Umat Islam Kota Rantepao yang melaksanakan sholat ied memenuhi beberapa ruas jalan Emy Saelan, Jalan Kostan, dan Jalan Mappayuki.

Sementara Khatib Idul Adha 1440 H Imam Mesjid Agung Rantepao Drs. Mujahidin dalam khotbah Idul Adha-nya menekankan pentingnya umat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai pokok penekanan di setiap peringatan hari besar umat Islam, khususnya dalam peringatan Idul Adha ini. Salah satu wujud ibadah peringatan Idul Adha yakni melalui sikap keikhlasan untuk saling memaafkan serta menjaga kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan rukun sebagai tanggung jawab umat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

"ibadah Idul Adha ini adalah sebagaimana upaya dalam mentaqwakan diri kepada Allah SWT dan selalu senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama di kabupaten Toraja Utara. Momentum ini harus dilaksanakan dengan penuh ikhtiar dengan hati yang ikhlas saling memaafkan satu sama lain dalam momentum perayaan Idul Adha ini," jelas Imam Mesjid Agung Rantepao.

Setelah ibadah Shalat Ied usai dilaksanakan, jemaah kemudian saling bersalam - salaman dengan yang lain sebagai wujud semangat Idul Adha yaitu ukhuwah islamiyah dengan memberi maaf satu dengan yang lain.

Pemkab Toraja Utara Turut Serahkan Bantuan Hewan Kurban

Mengenakan peci hitam, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan tiba di Mesjid Agung Rantepao setelah jemaah selesai melaksanakan Sholat Ied. Kehadiran Bupati bersama jajarannya ini untuk bersilahturahmi dengan jemaah dan pengurus Mesjid sekaligus menyerahkan secara resmi bantuan Hewan Kurban dari Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.  Kedatangan Bupati Kalatiku bersama jajaran disambut hangat oleh pengurus Mesjid Agung Rantepao bersama jemaah yang hadir.

Sebelumnya, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Daniel P. Kalua' mengungkapkan pada perayaan Idul Adha tahun 2019 ini Pemkab Toraja Utara telah menyediakan 3 hewan Qurban yang akan diserahkan langsung oleh Bupati Toraja Utara.  

"Pemkab Toraja Utara melalui Bagian Kesra penganggarannya memberikan sapi dan kambing kurban 3 ekor, 2 sapi dan 1 kambing dan akan diserahkan lansung oleh Bupati Toraja Utara DR. Kalatiku Paembonan, M. Si setelah shalat Idul Adha," jelas Daniel.

Sebagaimana pesan yang selalu disampaikan Bupati Kalatiku disetiap peringatan hari - hari besar keagamaan, toleransi antar umat beragama merupakan tugas kontruksi sosial yang akan terus dibangun Pemkab Toraja Utara untuk menjaga kerukunan sebagai salah satu aset utama dalam pembangunan. Pemerintah disini tidak hanya mewacanakannya melainkan terlibat langsung menjadi role model toleransi itu sendiri.

"selamat melaksanakan hari raya Idul Adha, semoga dalam perayaan ini semakin mengokohkan kerukunan antar umat beragam di kabupaten toraja utara. Terkait acara seperti ini Pemkab Toraja Utara sangat memberikan perhatian dan tidak akan pernah melewatkan acara seperti ini dan disinilah terlihat kerukunan bahkan kekeluargaan itu kita tumbuhkan, kita bina dalam kehidupan bermasyarakat,"ucap Bupati Toraja Utara.

Setelah bersilahturahmi bersama pengurus mesjid dan jemaah Rantepao, Bupati menyerahkan seekor sapi sebagai hewan kurban kepada panitia Idul adha 1440 H Mesjid Agung Rantepao. 

Berdasarkan laporan dari lapangan, total jumlah hewan qurban di Mesjid Agung Rantepao sebanyak 23 ekor, masing - masing 18 ekor Sapi, 2 ekor Kerbau dan 3 ekor Kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

Ditempat yang berbeda, tepatnya di Mesjid Nurul Taqwa Bolu Kecamatan Tallunglipu, Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Rede Roni Bare mewakili Pemkab Toraja Utara juga hadir bersilahturahmi sekaligus menyerahkan hewan qurban berupa satu ekor sapi ke pengurus Mesjid Nurul Taqwa. 

Pada kesempatan tersebut, Sekda Rede Roni mengucapkan Selamat Memperingati Idul Adha kepada seluruh umat Islam di Toraja Utara. "Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha bagi Masyarakat Toraja Utara semoga Diberkahi dalam keberkahan Dunia dan akhirat,” ungkap Sekda Rede Roni Bare. 

Ia menambahkan, sudah menjadi kewajiban Pemerintah untuk memberikan perhatian terhadap seluruh aktifitas keagamaan, sebab keagaamaan berperan penting dalam peningkatan kualitas pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak dan beriman.

“apa yang diberikan oleh Pemda Toraja Utara kita maknai dari keiklasan kami memberikan hewan qurban kepada masyarakat khususnya Umat Muslim, dan semoga dengan perayaan Idul Adha ini masyarakat Muslim Toraja memperoleh kekuatan baru dalam menjalani kehidupan bermasyarakat,” pungkas Sekda Rede Roni.

Sementara di Mesjid Taqwa Karassik, Ibu Barnetje S. Toban, Kepala Dinas Ketahanan Pangan juga mewakili Pemkab Toraja Utara hadir bersilahturahmi sekaligus menyerahkan bantuan hewan Qurban Pemkab Toraja Utara kepada panitia Idul adha 1440 H Mesjid Taqwa Karassik.

Pelaksanaan Idul Adha 1440 H tahun 2019 di Kabupaten Toraja Utara secara umum berlangsung aman, tertib dan lancar. Personil Kepolisian dan TNI turut aktif terlibat menjamin keamanan berjalannya peringatan hari besar umat Islam ini di Toraja Utara yang mulai berjaga sejak pelaksanaan gema takbir Idul Adha, Sabtu (10/8).

Reporter: Basry; M. Arafah

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 39

Kemarin 252

Minggu ini 642

Bulan ini 5538

Total 138006