Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Bupati Toraja Utara Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si mengambil Sumpah/Janji dan melantik 5 pejabat Administrator Kepala Perangkat Daerah (Camat), 45 pejabat Administrator, dan 158 pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang dilangsungkan di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, .

Rotasi dan Pelantikan 208 pejabat struktural yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Toraja Utara No 821-22-078 ini merupakan hak dan kewenangan yang dilimpahkan kepada Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaiaan di daerah sebagaimana amanat UU nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Hal ini (rotasi dan promosi) pejabat merupakan proses yang wajar dalam siklus birokrasi pemerintahan sebagai tugas dan kewenangan manajerial Bupati yang tentu sebelum penetapannya telah melalui pertimbangan objektif, mekanisme evaluasi kinerja dan kebutuhan oleh pimpinan sesuai ketentuan yang berlaku, yang kemudian langkah ini diharapkan efektif meningkatkan akselerasi kinerja dalam pencapaian sasaran dan tujuan pembangunan dalam periode masa kepemimpinan.   

Dalam sambutan dan arahannya kepada pejabat yang baru dilantik, selain mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik, Bupati Kalatiku menuturkan jika "Jabatan" dalam paradigma ASN profesional saat ini tidak lagi dipandang sebagai hak melainkan menekankan pada Tanggung Jawab yang di Percayakan oleh Pimpinan untuk diemban dan dilaksanakan sebaik - baiknya. Dengan paradigma ini, moralitas akan menjadi aspek utama pendorong pejabat birokrasi untuk bekerja secara profesional agar dapat menghasilkan prestasi dan karya terbaik selama masa pengabdiannya. 

"selamat kepada yang mendapat kepercayaan dan penghargaan sebagai pejabat, suatu kepercayaan dan bukan hak, yang diperoleh dari pimpinan menurut track record yang perlu dipertanggungjawabkan dan diimplementasikan untuk tampil dilapangan sebagai garda terdepan," tutur Bupati Kalatiku 

Secara khusus kepada para Camat yang baru dilantik, Bupati mengingatkan, sebagai pihak Eksekutif di Kecamatan, memperkuat koordinasi yang baik dengan pemerintah Kabupaten khususnya dengan Kepala Daerah merupakan salah satu tugas utama yang wajib dilakukan secara intens oleh Pemerintah Kecamatan, bagaimana progres dan juga hambatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di kecamatan harus sewaktu - waktu diketahui oleh Bupati yang telah mendelegasikan penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kecamatan kepada Camat. 

"tugas Eksekutif sebagai Kepala Wilayah merupakan perwakilan Bupati, sehingga harus menjalin koordinasi yang baik lewat telpon atau SMS, sebab semua program dinas bermuara pada kecamatan, dan laporkan semua program, mengingat kepadatan program dalam penyelesaian periode Saya bersama Pak Wakil Bupati," tegasnya.

Masih lemahnya koordinasi yang intens antara pihak pemerintah di Kecamatan dengan Pemerintah di Kabupaten juga disinyalir menjadi salah satu hambatan dalam pelaksanaan dan penuntasan program kegiatan pembangunan di Toraja Utara sebagaimana sasaran visi dan misi "Mekar Untuk Sejahtera".

Adapun Pejabat Administrator Kepala Perangkat Daerah (Camat) yang dilantik masing - masing yaitu: Camat Sesean Suloara: Marten Manurun Sarira, Camat Dende Piongan Napo : Samuel Lembong Tandirerung; Camat Kapalapitu: Matius Duma Rantetasak, dan Camat Bangkelekila: Roni Popang Tangkeallo serta Camat Awan Rantekarua: Marten Luther Payung Allo.

Mengakhiri arahannya, Bupati Kalatiku berpesan agar setiap pejabat di lingkup pemerintahan Kabupaten Toraja Utara dapat menunjukkan teladan yang baik dilingkungan kerja dan di tengah - tengah masyarakat, sebab sikap, perilaku dan etos kerja pejabat menentukan citra Pemerintah di mata publik. 

"berdisiplinlah dan jadilah contoh yang baik, "Mekar" perlu diabdikan kepada masyarakat secara nyata," pungkas Bupati Kalatiku. 

Pengambilan Sumpah/Janji 208 pejabat struktural di lingkungan Pemkab Toraja Utara ini dilakukan menurut agama keyakinan masing - masing pejabat yang dilantik dan disaksikan oleh Kepala BKPP Yesaya Tangkeallo sebagai Saksi 1 dan Asisten Bidang Pemerintahan Semuel Sampe Rompon sebagai Saksi 2. 

 
Reporter: Julina Rande; Gabriel; M. Arafah
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 39

Kemarin 252

Minggu ini 642

Bulan ini 5538

Total 138006