Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tallunglipu || Kendala pemerataan distribusi yang tepat sasaran berikut akses petani terhadap pupuk bersubsidi serta bantuan - bantuan pertanian lainnya saat ini mulai diatasi oleh pemerintah melalui program inovasi kepemilikan Kartu Tani dengan menggandeng pihak perbankan.  

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, Kartu Tani yang merupakan bagian dari program data Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang oleh Pemerintah Pusat wajib dan penting dimiliki oleh setiap petani sebab Kartu Tani tersebut kedepannya menjadi akses bagi petani yang tergabung dalam kelompok Tani (Poktan) untuk dapat memperoleh (membeli) pupuk bersubidi di kedai/kios pengecer pupuk yang telah ditentukan. Melalui Kartu Tani ini juga akan memastikan pasokan pupuk bersubsidi  dapat diakses oleh petani - petani kecil yang selama ini mengeluh kesulitan untuk memperolehnya. 

Mengingat pentingnya Kartu Tani ini dalam mainframe memajukan dan mensejahterakan petani, Pemerintah Pusat mendorong Pemerintah di daerah turut aktif menyelesaikan item - item kegiatan dalam program RDKK agar dapat segera diimplementasikan. 

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengungkapkan dengan digelontorkannya Kartu Tani tersebut akan menjadi jawaban atas pasokan pupuk bersubsidi ke petani secara berkeadilan dan tepat sasaran sebab pengelolaannya berbasis validasi data dan juga menjadi fasilitas yang dapat memudahkan petani memperoleh fasilitas kredit dari perbankan untuk meningkatkan usaha pertaniannya.

Dengan berbagai manfaat yang akan diterima diterima oleh petani, Bupati meyakini Kartu Tani ini akan berdampak menyokong produktifitas para petani dalam pengelolaan lahan pertaniannnya sehingga berkontribusi pada peningkatan produksi pertanian Toraja Utara. 

"kita sangat bersyukur karena permasalahan yang kita hadapi dalam pengelolaan dan pengolahan pupuk selama ini bisa teratasi dengan baik. Dengan adanya Kartu Tani, sebuah langka maju ke depan untuk kita raih yang kiranya pertanian kita dapat kembalikan kejayaannya seperti pada masa lalu, dalam pemasok tanaman holtikultura."

Hal tersebut disampaikan Bupati sebelum menyerahkan Kartu Tani secara simbolis kepada Poktan di tiap Kecamatn yang diterima dari Direktur Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Rantepao pada kegiatan Penyerahan Kartu Tani yang diselenggarakan DInas Pertanian Kabupaten Toraja Utara bekerjasama dengan BRI Cabang Rantepao yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Dinas Pertanian Toraja Utara, Selasa (20/8). 

Sejalan dengan yang disampaikan Bupati, Direktur BRI Cabang Rantepao Suristanta menjelaskan Kartu Tani ini merupakan bentuk upaya pemerintah yang melibatkan BUMN perbankan untuk memastikan distribusi pupuk yang disubsidi pemerintah dengan harga murah dapat sampai ke petani dengan tepat sasaran. Hal ini dapat dijamin sebab Kartu Tani memuat data - data petani yang telah tervalidasi melalui entry RDKK seperti data identitas kependudukan petani, luas lahan dan kuota kebutuhan pupuk petani.   

"diharapkan dengan kartu tani penyaluran pupuk. bersubsidi dapat tersalurkan tepat sasaran,sebab tanpa kartu tani, petani tidak terlayani, harga pupuk subsidi yang relatif murah dan sudah ada data kuota dalam kartu tersebut," jelas Suristanta

Kartu Tani yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Toraja Utara di kegiatan tersebut sebanyak 5225 untuk petani yang tergabung di 21 Poktan yang tersebar di 21 kecamatan dan 5 Unit layanan BRI yang ada di Kabupaten Toraja Utara.

Tampak hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pertanian Medan Sandabunga bersama jajarannya berikut para Penyuluh Lapangan, para Koordinator Poktan, dan Pengecer Pupuk Bersubsidi yang telah ditunjuk serta karyawan Bank BRI.

Reporter: Julina Rande

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 151

Kemarin 246

Minggu ini 1565

Bulan ini 5027

Total 151758