Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

huttorut2019d

Rantepao || Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara Ke-11 tahun 2019 dirayakan pada hari Kamis, (22/8) yang digelar di Lapangan Bakti Rantepao,

Dengan mengenakan pakaian Adat Toraja, ribuan ASN, Forkopimda Toraja Utara dan Tana Toraja, masyarakat, pelajar dan ormas, juga beberapa pimpinan dan perwakilan daerah seperti Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae menyemawakkan Perayaan HUT Toraja Utara yang pada tahun ini yang mengusung tema: "Akselerasi Pembangunan Berwawasan Lingkungan Dengan Optimalisasi Potensi Daerah".

Perayaan usia ke-11 tahun kali ini juga menjadi momen yang berkesan bagi Pemkab bersama masyarakat Toraja Utara dengan hadirnya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang pada perhelatan ini kompak mengenakan pakaian Adat Toraja.

Bupati Kalatiku Paembonan pada kesempatan memberikan sambutan sekaligus laporannya kepada Gubernur Sulsel dan Wakil Gubernur serta kepada Masyarakat Toraja Utara memaparkan capaian penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Toraja Utara khususnya dalam kurun waktu kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, diawali dengan memaparkan capaian di sektor tata kelola birokrasi pemerintahan.

Selain memperoleh penghargaan dari Kemendagri RI sebagai Daerah Otonom Hasil Pemekaran terbaik bersama dua kabupaten/kota lainnya di Indonesia, Pemkab Toraja Utara juga berhasil menunjukkan prestasi kinerja akuntabilitas keuangan yang membanggakan dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.

"peletakan pondasi pembangunan di Kabupaten Toraja Utara, kita mendapatkan penghargaan berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan RI sebanyak empat kali, menjadi daerah terbaik kedua Kategori Otonomi Daerah terbaik di Indonesia setelah Bandung Barat urutan pertama dan urutan ketiga Tanggerang Selatan," ungkap Bupati.

Untuk kinerja pembangunan Sumber Daya Manusia di sektor pendidikan Toraja Utara juga mengalami tren capaian peningkatan yang signifikan, yang oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulsel kualitas pendidikan di Toraja Utara saat ini masuk dalam 5 besar teratas dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. 

"capaian urutan pendidikan menjadi urutan lima besar dari 24 kab/kota di Sulsel penilaian dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulsel," ungkap Bupati Kalatiku.

Demikian juga dengan pembangunan kesehatan. Bidang Kesehatan yang menjadi salah satu sasaran dalam misi prioritas pembangunan pemerintahan Toraja Utara saat ini telah berhasil memperoleh berbagai penghargaan atas komitmen dan kinerja Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam mengoptimalisasi capaian sasaran masyarakat yang sehat di Toraja Utara. Salah satu penghargaan yang diperoleh yaitu terpilih sebagai Kabupaten Sehat Terbaik.

Dengan dukungan pemerintah pusat, Pemkab Toraja Utara juga telah membangun 28 fasilitas kesehatan masyarat yang tersebar di 21 Kecamatan dan pengoperasian dan penambahan unit layanan RSUD Pongtiku dan juga memperkuat SDM sebagai basis pelayanan kesehatan melalui pengadaan tenaga kesehatan yang ditempatkan hingga ke pelosok wilayah terpencil di Kabupaten Toraja Utara.    

"dibidang kesehatan, Toraja Utara mendapat gelar Kabupaten Sehat Terbaik, dan ada sekitar 63 penghargaan telah dicapai baik luar negeri dan dalam negeri," imbuh Bupati Kalatiku Paembonan. 

Sedangkan untuk bidang Infrastruktur sebagai sasaran prioritas pembangunan nasional, Pemkab Toraja Utara telah menunjukkan komitmennya untuk bersinerji dengan sasaran nasional tersebut melalui kebijakan fiskal pada APBD  dengan porsi alokasi anggaran yang dioptimalkan untuk pelayanan pembangunan bidang infrastruktur dan hal tersebut telah direalisasikan berupa pembangunan dan peningkatan jalan, baik jalan umum maupun jalan tani, pembangunan irigasi dan jembatan.

"tidak hanya itu, Pemkab juga terus berupaya meningkatkan infrastruktur di kabupaten ini seperti jalan 143 km telah dibangun, jalan desa 206 km, jalan tani 65 km, dan 200 meter irigasi," terang Bupati.

Terkait kebijakan Gubernur Sulsel di tahun anggaran 2019 yang mengarahkan sasaran pembangunan infrastruktur di Kabupaten Toraja Utara, Bupati Kalatiku menyampaikan terima kasih dan penghargaannnya. 

"4 ruas jalan provinsi telah dikerjakan tahun ini oleh Pemerintah Provinsi Sulsel. Dengan pembangunan infrastruktur jalan terutama di provinsi diharapkan dapat terus meningkat. Terima kasih kepada bapak Gubernur dan Wakil Gubernur atas perhatian untuk Kabupaten Toraja Utara," ungkap Bupati Kalatiku Paembonan.

Pariwisata Jadi Benang Merah Yang Mensinergikan Pembangunan Provinsi Sulsel Dengan Kabupaten Toraja Utara

Sementara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Toraja Utara yang tahun ini telah memasuki usia ke-11 tahun.

Gubernur mengungkapkan, tema HUT Toraja Utara yang diangkat tahun ini menunjukkan bahwa pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara memiliki benang merah dalam sasaran dan tujuan pembangunannya yang akan menjembatani terjadinya kolaborasi pembangunan yang turut mengoptimalkan upaya pembangunan pariwisata di Sulsel dan Toraja Utara khususnya.

"selamat hari jadi kabupaten toraja utara ke-11 saya sangat mengapresiasi tema hut yakni "Akselerasi Pembangunan Berwawasan Lingkungan Dan Optimalisasi Potensi Daerah" dimana tema ini sesuai dengan Visi dan Misi Provinsi Sulsel yakni dengan pembangunan berbasis pariwisata," tutur Gubernur Nurdin Abdullah.

Ditambahkannya, untuk mewujudkan tema pembangunan itu, kepercayaan publk menjadi faktor penentu yang tidak boleh diindahkan oleh penyelenggara pemerintahan di kabupaten. Kepercayaan ini harus selalu diupayakan dan ditunjukkan melalui komitmen dan kinerja yang nyata pada semua aspek penyelenggaraan pemerintahan seperti mewujudkan birokrasi yang bersih dan pelayanan publik yang berkualitas.

Dengan kondisi terbangunnya kepercayaan publik atas penyelenggaraan pemerintah daerah itu, akan menjadi pemicu terjadinya akselerasi pembangunan di daerah, dimana masyarakat turut terdorong berpartisipasi dalam program pembangunan, pencapaian target dan sasaran pembangunan juga menjadi lebih efektif dan efisien dan yang tak kalah pentingnya dunia usaha juga memiliki jaminan kepastian untuk berinvestasi mengelola potensi daerah yang tersedia, sebab salah satu indikator investasi yang sehat yaitu adanya kehadiran pemerintah yang bersih dan kredible sebagai jaminan prospek usaha mereka berjalan dengan baik.

Kesemuanya itu sebut Gubernur Nurdin Abdullah akan memberikan efek domino yang positif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial ekonomi yang umumnya kerap di hadapi setiap pemerintah kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan.  

"saya berharap dengan tema ini marilah kita meningkatkan semangat dan komitmen bersama demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera, pelayanan yang baik, menghasilkan iklim birokrasi yang bersih menciptakan rasa percaya akan pemerintah dengan kepercayaan itu Insya Allah kabupaten toraja utara akan mudah mendapatkan investor, mewujudkan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan tentu saja mensejahterakan masyarakat," imbuh Gubernur Sulsel.

Gubernur pada kesempatan itu juga mengingatkan bahwa pemerintah kabupaten tidak akan dapat membangun dan mengentaskan berbagai komplesitas permasalahan sosial ekonomi yang dihadapinya secara maksimal apabila hanya mengandalkan sumber daya yang dimilikinya saja, sehingga dengan demikian tantangan tiap pemerintah kabupaten yang ada di Sulsel dituntut mampu memperkuat aspek kolaborasi kemitraan dengan dunia usaha (swasta) yang salah satunya dengan menarik dan menggandeng pihak investor untuk terlibat dalam pembangunan di daerahnya  

Untuk itu, secara khusus Gubernur Nurdin Abdullah berharap agar Kabupaten Toraja Utara dengan semua potensi dan prospek investasi pariwisata yang menjanjikan mampu menjadi salah satu tuan rumah di Sulsel yang sehat bagi pengusaha untuk berinvestasi.   

"tantangan provinsi sulsel kedepan adalah berkompetisi dengan provinsi lainnya di Indonesia, untuk mendapatkan aliran dana investasi dan pembangunan. Investasi sangat berperan penting di provinsi sulsel karena dapat membuka lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran dan saya berharap kabupaten toraja utara menjadi salah satu daerah yang ramah investasi," harap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Menutup sambutannya, Gubernur Provinsi Sulsel Nurdin Abdullah kembali menegaskan komitmennya merealisasikan pembangunan bidang infrastruktur dalam rangka memudahkan akses konektivitas ke Toraja Utara yang lebih memadai untuk mendukung kemajuan pariwisata Toraja sebagai ikon pembangunan Sulawesi Selatan. 

"Kami dari Pemerintah Provinsi Sulsel akan senantiasa mendorong penuh peningkatan aksebilitas pembangunan infrastruktur di kabupaten Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) dalam mendorong kemajuan pariwisata kita di toraja. Tahun ini kita akan berupaya membangun jalur dua dari Tedong Bonga menuju Kabupaten Luwu dan Insya Allah tahun ini selesai," tutup Gubernur.

Pagi sebelum menghadiri Perayaan HUT Ke-11 Toraja Utara, Gubernur Sulawesi Selatan meresmikan peluncuran sejumlah proyek infrastruktur di wilayah Kabupaten Toraja Utara yang berjumlah 4 paket pembangunan dan preservasi jalan provinsi yaitu: 

1. Ruas Jalan Batas Luwu - Tedong Bonga;

2. Ruas Jalan Rantepao - Batas Sulbar;

3. Ruas Jalan Rantepao - Sa'dan - Batu Sitanduk, dan

4. Pemeliharaan Rutin Jalan Dan Jembatan Provinsi.

Gubernur mengharapkan agar ke-empat paket yang akan mendukung aksesibilitas di Kabupaten Toraja Utara ini dapat rampung dan dioperasikan di tahun  2020 mendatang.

Selamat Ulang Tahun Kabupaten Toraja Utara ke 11 Tahun, Kiranya Keindahan Alam dan kearifan Budayamu membawa kesejahteraan bagi rakyat untuk menjadi persembahan yang mengharumkan tanah Celebes dan Negeri Tercinta Indonesia, amin.

#HUTTORAJAUTARAKE11 #MekarUntukSejahtera
#torajautara #sulawesiselatan #pemprovsulsel
 
Reporter: Basry; Tim Liputan Diskominfo Toraja Utara
 
LPDI - Komunikasi Publik 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 591

Kemarin 777

Minggu ini 2715

Bulan ini 10715

Total 165438