Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Kinerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Toraja Utara yang diketuai Sekda Drs. Rede Roni Bare, M.Pd di tahun 2019 ini memperoleh penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 SULAMPUA (Sulawesi, Maluku, Papua) pada acara Expo Literasi Dan Inklusi 2019 yang berlangsung di Anjungan City of Makassar, Sabtu (26/10).

Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sebagai salah satu kabupaten Penggerak Percepatan Akses Keuangan Daerah di provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan bentuk apresiasi OJK atas komitmen kepala daerah dan kinerja TPAKD Toraja Utara yang diwujudkan melalui kebijakan dan program yang mendukung inklusifitas akses keuangan daerah bagi masyarakat, khususnya dalam menggerakkan percepatan akses keuangan formal bagi masyarakat pelaku (debitur) usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

Sebagai informasi, dari 24 Kabupaten/Kota yang ada di Sulsel hanya 11 Kabupaten/Kota yang memperoleh penghargaan dari OJK termasuk TPAKD Toraja Utara.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Toraja Utara, Maraya, S.E dalam keterangannya kepada Dinas Kominfo mengatakan ada beberapa capaian penting yang membuat TPAKD Toraja Utara diganjar penghargaan ini, yaitu kegiatan - kegiatan yang telah dilakukan TPAKD Toraja Utara dalam memperkuat koordinasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak stakeholder penyelenggara akses keuangan untuk mendorong kemudahan bagi masyarakat pelaku UMKM memperoleh akses keuangan di daerah. 

Dalam tahun 2019 ini, melalui upaya koordinasi dan kolaborasi tersebut, TPAKD Toraja Utara telah berhasil merealisasikan bantuan kredit program yang disubsidi oleh Kementerian Keuangan bagi 185 debitur UMKM di Toraja Utara dengan total nilai Rp. 5.601.000.000.

Selain itu, kinerja TPAKD Toraja Utara dalam pengelolaan data UMKM melalui Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) juga dinilai sangat baik dengan telah teregisternya 468 UMKM di Toraja Utara dalam SIKP.

"jadi kita memang porsir untuk tahun ini mendata seluruh UMKM yang ada di Toraja Utara. Jadi tahun ini kita telah dapatkan data sebanyak 400 lebih UMKM, dan itu yang membuat kita memperoleh penghargaan dari OJK selain beberapa kegiatan yang kita telah lakukan," terang Maraya.

Untuk langkah selanjutnya, Maraya mengungkapkan TPAKD Toraja Utara masih akan fokus pada pembenahan dan validasi data UMKM di Toraja Utara sebelum masuk pada tahapan sosialisasi produk kebijakan ekonomi pemerintah  yang salah satunya dalam bentuk bantuan kredit bersubsidi bagi debitur UMKM. Hal ini sangat penting mengingat data UMKM yang terdapat dalam SIKP menjadi rujukan utama bagi penyaluran kredit program agar benar-benar tepat sasaran.

"langkah - langkah yang akan kita tempuh kedepan adalah kita tuntaskan dulu data ini, kalau data sudah siap semua berarti kita sudah mudah sekali untuk mensosialisasikan ke masyarakat bahwa pihak pemerintah menyiapkan suku bunga yang sangat rendah bagi UMKM yaitu 7%, yang kalau suku bunga umum itu 14%," tambahnya.

Tugas yang diemban TPAKD Toraja Utara saat ini memang cukup strategis mendorong dan menunjang pertumbuhan perekonomian di daerah khususnya dalam menstimulus pertumbuhan sektor UMKM melalui percepatan akses keuangan daerah sehingga nantinya melalui peran aktif TPAKD ini diharapkan berdampak signifikan pada kontribusi UMKM terhadap peningkatan produk domestik regional bruto (PDRB) kabupaten Toraja Utara sekaligus turut menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan di Toraja Utara.

Pada kegiatan yang turut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah tersebut,  Ketua TPAKD Toraja Utara diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda, Dra, Simbong Ranggina, M.H didampingi Kabag Perekonomian, Maraya, SE.

Foto: Bagian Perekonomian Setda Toraja Utara; Diskominfo

LPDI - Komunikasi Publik 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 592

Kemarin 777

Minggu ini 2716

Bulan ini 10716

Total 165439