Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Pendidikan Toraja Utara kembali mengukir sejarah baru di dunia pendidikan nasional melalui debut dua Siswa dan Siswi SMKN 1 Toraja Utara yang berhasil merebut Juara 1 pada event Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII yang berlangsung di Bali dari tanggal 23-25 Oktober 2019 lalu.

Prestasi ini menjadi sejarah membanggakan bagi pendidikan di Toraja Utara sebab untuk kali pertama sejak diselenggarakannnya event ini, Juara satu berhasil dimenangkan oleh sekolah di luar pula Jawa, yaitu SMKN 1 Toraja Utara, yang notabene berada di Kabupaten hasil pemekaran yang baru berusia 11 tahun. 

Kekaguman dan apresiasi atas keberhasilan Tim Olimpiade SMKN 1 yang terdiri dari Elsi Sampe Layuk dan Yuli Bobby yang keduanya saat ini duduk di kelas XII dengan Guru Pendamping Gideon Lande bersama Shandi disampaikan oleh Bupati Kalatiku Paembonan saat menyambut kedatangan mereka di Ruang Kerjanya, Rabu, (6/11).

“saya mengucapkan penghargaan yang luar biasa, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kedua siswa/i dan para guru pembimbing. ini juga mengingatkan kita bahwa kita sudah mengarah ke target yang benar dan hal ini yang luar biasa dimana biasanya juara setiap lomba didominasi dari Jakarta tetapi tahun ini Toraja Utara yang pertama dalam sejarah Pendidikan Nasional." ungkap Bupati

Prestasi yang dipersembahkan oleh SMKN 1 ini menurut Bupati turut menggambarkan indikator proses belajar yang diterapkan telah secara signifikan menunjukkan keberhasilan, yang salah satunya terbukti mampu mencetak sumber daya manusia (siswa) yang kompetitif dan mampu mengikuti serta menerjemahkan kebutuhan teknologi informasi dengan baik sebagaimana yang menjadi tuntutan yang berlaku pada semua sektor seperti saat ini.

Sebagai informasi, setidaknya terdapat 508 Tim utusan sekolah dari seluruh Indonesia yang turut bersaing dalam olimpiade Mikrotik yang diselenggarakan oleh Asosiasi Jasa Penyelenggara Internet Indonesia (AJPII) bekerjasama dengan dukungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI ini.

"ini merupakan bukti yang mengokohkan pencapaian prestasi kita di Toraja Utara yang meraih urutan ke 5 Pendididkan se Sulawesi Selatan, yang sudah kita mulai dengan menggiatkan penataran - penataran guru dan berbagai upaya lainnya," tambahnya.

Tim SMKN 1 Toraja Utara, Elsi dan Bobby berhasil menyingkirkan 19 tim pada babak final, dan 3 tim pada babak grand final yang melalui tahapan test tertulis, praktik mikrotik konfigurasi dan cerdas cermat. 

Adapun urutan Pemenang pada Olimpiade Mikrotik APJII 2019 ini yaitu: Juara 1: SMKN 1 Toraja Utara, Juara 2: SMKN IDN Bogor Jawa Barat,  dan Juara 3: SMKN 1 Cimahi, Jawa Barat.

Sebagaimana dikutip dari laman media mainstream nasional kompas.com, kehadiran Elsi Sampe Layuk dalam Tim SMKN 1 Toraja Utara juga menjadi catatan sejarah pada even tersebut sebagai peserta perempuan pertama yang lolos ke tahap grand final.

Turut mendampingi Bupati saat menerima kedatangan Juara 1 olimpiade Mikrotik APJII 2019, Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Rede Roni Bare dan juga Sekretaris Dinas Kominfo.SP Anugrah Y. Rundupadang.

Sekretaris Diskominfo.SP,
Anugrah Y. Rundupadang   
 

Foto: Martinus S

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 591

Kemarin 777

Minggu ini 2715

Bulan ini 10715

Total 165438