Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menghadiri sekaligus membuka kegiatan Delineasi Batas Wilayah Administrasi Desa/Kelurahan Menggunakan Metode Kartometrik Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (18/9/2019)

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara ini dilaksanakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Toraja Utara dalam hal ini Dinas PMD bertujuan untuk menghasilkan batas wilayah administrasi desa/kelurahan indikatif berdasarkan hasil delineasi secara kartometrik.

Selain Bupati Toraja Utara, tampak hadir dalam kegiatan ini, camat, kepala lembang, lurah se-Kabupaten Toraja Utara, PT.Telkom (Perwakilan), Staf Bupati, para Kepala OPD (Prwakilan) dan Tim Badan Informasi Geospasial Pusat.

Saat membuka kegiatan ini, Bupati menyampaikan apresiasi yang besar kepada seluruh yang hadir, serta terima kasih kepada Tim BIG yang telah bersedia hadir dan memberikan dukungan dalam kegiatan ini.

"yang paling mendesak dalam delineasi batas wilayah yang ada di Toraja Utara saat ini adalah batas wilayah antar lembang/desa, terutama dalam kaitan upaya pengalihan status kelurahan menjadi desa. Melalui hal tersebutlah diperlukan tindakan yang sangat penting untuk memberikan penegasan batas wilayah yang diukur secara standar menggunakan satelit," ungkapnya.

Dengan metode Kartometrik, Bupati berharap kedepannnya batas antar wilayah khususnya Lembang/Kelurahan secara administratif akan memiliki kejelasan dan kepastian hukum

Dwi Purnasari selaku Surveyor Pemetaan dari Badan Informasi Geospasial menyampaikan terima kasihnya atas dukungan penuh yang sudah diberikan. Ia menjelaskan hasil pemetaan batas wilayah yang dilakukan oleh BIG nantinya akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah setempat.

"semoga dengan adanya pertemuan seperti ini, bisa membantu Pemerintah Toraja Utara dalam hal pemetaan lokasi atau delineasi batas wilayah yang ada di sini. Namun, apabila nantinya ada ketidaksepakatan dari pihak terkait, maka kami siap untuk membantu, kita petakan dahulu kemudian berkoordinasi dengan Pemda, kemudian kembali secara bersama-sama untuk mencari solusi," tutupnya.

Reporter/Foto : Swita Turalaki

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 22

Kemarin 181

Minggu ini 203

Bulan ini 203

Total 159555