Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

PANGA' || Gelar sosialisasi Perpres Nomor 88 Tahun 2017 tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH) di Toraja Utara yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja utara disambut baik Bupati Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si.

Bupati dalam kegiatan tersebut menekankan, dalam percepatan implementasi reform agraria dengan obyek kawasan hutan, aspek pembangunan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan kawasan hutan sebagaimana tujuan PPTKH mesti bersinergi dengan upaya pelestarian lingkungan sebab kawasan hutan Toraja berperan sentral tidak hanya dalam menunjang keberlanjutan kehidupan masyarakat Toraja namun juga kabupaten di sekitarnya.

“perlu pengawasan terhadap penebangan pohon, untuk menjaga kesejukan dan kesegaran udara, seperti tanaman bambu, pohon-pohon dapat menyimpan air mengingat Toraja Utara merupakan sumber air untuk provinsi Sulsel.., aspek Hutan sangat terimplikasi dengan sumber kehidupan  sosial, ekonomi dan perdagangan,” jelas Bupati.

Dengan kondisi yang ada saat ini, di mana faktor pertumbuhan penduduk dan kebutuhan akan areal permukiman yang turut mendorong masyarakat masuk ke dalam kawasan hutan, Bupati Kalatiku Paembonan mengharapkan implementasi kebijakan Perpres PPTKH ini dilapangan dapat mengakomodir kepentingan masyarakat sesuai dengan ketentuan yang telah diatur.

“diharapkan juga agar memperhatikan aspek yang sudah tidak jelas dengan sudah banyaknya hutan yang diramba, perlu ditoleransi dan diberi batasan,dan pendekatan," imbuhnya.

Sosialisasi Perpres PPTKH di Toraja Utara yang dilaksanakan pada Kamis, (30/1/2020) lalu tersebut menghadirkan  Tim Invetarisasi dan Verifikasi Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) berikut sejumlah nara sumber dengan menyajikan materi “Rencana Tehnis Kegiatan Inver PTKH di Provinsi Sulsel Tahun 2020” yang dibawakan oleh kepala BPKH Wilayah VII Makassar, Hariani Samal, S Hut, M Si, dan “Arah Kebijakan Pembangunan dalam Mendukung Percepatan PPTKH Provinsi Sulawesi Selatan, yang dipaparkan Kepala Dinas Kehutanan Prov. Sulsel, Ir Faisal, M Si.

Kabupaten Toraja Utara yang memiliki areal kawasan hutan keseluruhan seluas 52.445,00ha masuk dalam program TORA tahun 2020 ini bersama 5 kabupaten lainnya di Sulse, yang mana alokasi lahan hutan yang dilepaskan fungsinya sesuai inventarisir dan pemetaan areal indikatif PPTKH seluas 2.500,99ha yang tersebar di 11 kecamatan dan 23 lembang yang diarahkan bagi pemukiman, fasilitas umum, lahan garapan dan hutan adat.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Kajari Tana Toraja, Wakapolres Tana Toraja, Akademisi, Para Kepala dan perwakilan OPD Pemkab Toraja Utara.

Reporter: Julina Rande; Martinus

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 273

Kemarin 397

Minggu ini 1783

Bulan ini 1783

Total 253416