Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

KESU'|| Untuk menjamin pelaksanaan Sensus Penduduk Nasional 2020 di Toraja Utara berjalan sukses, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara siap turut memberikan dukungan kepada Badan Pusat Statistik selaku pelaksana pencacahan penduduk nasional yang berlangsung 10 tahun sekali ini.

Dukungan tersebut dikemukakan Bupati Kalatiku Paembonan dalam Rapat Koordinasi Sensus Penduduk Nasional 2020 yang berlangsung pagi tadi, Selasa (11/2/2020) di Hotel Misiliana, Kesu.

Dengan menggerakkan komponen perangkat daerah turut terlibat dalam pelaksanaan Sensus Penduduk diharapkan output data yang dihasilkan nantinya benar - benar optimal sebagaimana yang diharapkan dapat merepresentasikan aktualitas jumlah penduduk di Kabupaten Toraja Utara.

"kita mengerahkan perangkat daerah serta elemen masyarakat lainnya untuk turut serta mensukseskan sensus penduduk 2020 di Kabupaten Toraja Utara" Ucap Kalatiku Paembonan.

Bupati Kalatiku Paembonan menambahkan, kebutuhan akan data yang berkualitas dan terintegrasi secara sistem untuk saat ini merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi Pemerintah dan Pemerintah daerah untuk menjamin efektifitas pelaksanaan seluruh program pembangunan, khususnya dalam proses perumusan kebijakan dan penyelenggaraan pembangunan, sehingga Pemkab Toraja Utara sebagai bagian stake holder data harus turut memastikan Sensus Penduduk 2020 ini berjalan dengan sukses.

"ini adalah pekerjaan kita semua untuk benar-benar mengoptimalkanya maka dengan adanya Sensus Penduduk online ini kita harapkan data penduduk di toraja utara nantinya akan benar-benar akurat," imbuh Bupati.

Berbeda dengan pelaksanaan Sensus Penduduk Nasional sebelumnya, teknis pencacahan penduduk yang ke-7 kalinya ini menggunakan metode kombinasi yang terbagi dalam dua tahap yakni,metode online (online self-enumeration) yang berlangsung mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020.

Pada tahap ini, masyarakat yang memiliki akses internet diharapkan secara mandiri aktif mengisi form data kependudukannya melalui website: sensus.bps,go,id  

Untuk tahap kedua, menggunakan metode konvensional yakni verifikasi dan pencacahan lapangan (door to door) yang akan dimulai tanggal 1 sampai 31 Juni 2020. Pada tahapan ini masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap internet, BPS akan menurunkan petugas yang langsung akan mengunjungi rumah penduduk. 

Menurut penjelasan Kepala BPS Toraja Utara, Joni Matasik di Rakor tersebut, metode kombinasi dalam pencatatan penduduk tersebut diharapkan mampu menghadirkan satu data jumlah penduduk yang valid baik secara real time (de facto) maupun berdasarkan administrasi kependudukan (de jeur) yang dikelola oleh Dukcapil.

"Sensus secara online tahun ini kita semua mengharapkan mampu menjadi solusi yang tepat  dalam mendata jumlah penduduk," jelas Joni Matasik.

Rapat Koordinasi ini di hadiri oleh Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusuma SIK, M.H., Kejari Tana Toraja Jefri Penanging Makapedua, perwakilan Dandim 1414 Tana Toraja, Sekda Toraja Utara Roni Rede Bare, para Staf Ahli, Asisten Setda, Kepala OPD, Camat, Tokoh Agama, Toko Pemuda serta lembaga elemen masyarakat lainnya.

Reporter: Martinus; Amos Rapang

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 18

Kemarin 259

Minggu ini 550

Bulan ini 550

Total 252183