Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TALLUNGLIPU || Sebanyak 6.086 sticker yang akan ditempelkan pada tiap rumah Keluarga Tidak Mampu Penerima Manfaat Bantuan Sosial diluncurkan secara resmi oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan bersama Wabup Yosia Rinto Kadang selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), di Kelurahan Tagari Tallunglipu, pada hari Rabu, (12/2) kemarin.

Bupati Kalatiku Paembonan dalam sambutan menyampaikan dengan besarnya anggaran yang setiap tahun pemerintah kucurkan untuk program kesejahteraan sosial di seluruh Indonesia, pemerintah daerah wajib dan berkepentingan untuk memastikan pelaksanaan program jaminan perlindungan dan bantuan sosial di wilayahnya benar-benar tepat sasaran di terima oleh masyarakat yang berhak .

Untuk itu, Bupati mengapresiasi pemasangan sticker rumah keluarga penerima manfaat bantuan sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Toraja Utara sebagai salah satu indikator keseriusan Pemkab melindungi hak warga dan keluarga penerima bantuan sosial.

"yang perlu difokuskan untuk mendapat perhatian kita bersama untuk penyaluran bantuan ini adalah tepat sasaran, tepat orang dan tepat tempat. Kita tidak mesti melihat lagi masyarakat yang seharusnya menerima namun tidak menerima," jelas Bupati  

Meskipun program nasional kesejahteraan sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) nyatanya telah memberikan dampak signifikan bagi Toraja Utara dalam hal menekan angka kemiskinan dan pertumbuhan positif ekonomi daerah, Bupati Toraja Utara tetap menekankan kepada jajarannya agar program dan kegiatan sektoral di setiap OPD dapat saling bersinerji dengan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat.

"angka kemiskinan di Toraja Utara semakin berkurang seiring pertumbuhan ekonomi pada 8,2 persen.  Di samping itu, adakan gerakan penanaman dan gerakan produktivitas di intensifkan, yang gencar gencarnya dilakukan, agar masyarakat memanfaatkan sungguh sungguh lingkungannya melalui pemberian bimbingan kemandirian," tandas Bupati. 

Peluncuran Pemasangan Sticker yang dihadiri Kapolres Toraja Utara dan Kepala Staf Kodim 1414 ini merupakan hasil keputusan rakor TKPKD pada bulan Juli tahun 2019 lalu, yang mana ditujukan sebagai bagian pelaksanaan transparansi dan kontrol sosial terhadap penerima bantuan serta penyelenggaraan distribusi bantuan sosial nasional yang mutlak dilakukan.

Hal tersebut menjadi bagian laporan kegiatan yang disampaikan Kepala DInas Sosial Toraja Utara, Mira Bangalino, S.STP kepada Bupati dan Wakil Bupati serta undangan dan masyarakat yang hadir.

Lebih lanjut, Mira Bangalino melaporkan, jika kegiatan yang anggarannya bersumber dari Dana Insentif Daerah Tahun 2019-2020 ini akan dilaksanakan secara bertahap, dengan memperhatikan perkembangan dana pendamping yang wajib dialokasikan dalam APBD Toraja Utara.

"pemasangan stiker secara dilaksanakan bertahap, mengingat bahwa dana terbatas, yaitu anggaran dari DID, dana Sharing pendampingan program nasional bantuan sosial yang masuk di Toraja Utara." ungkapnya.

Pada tahap pertama, pemasangan 6.086 sticker ini akan dillakukan di 8 kecamatan, yaitu Kecamatan Rantepao, Tallunglipu, Kesu', Sopai, Tondon, Tikala Sa'dan, dan Buntu Pepasan. Sementara untuk teknis pemasangan sticker di rumah - rumah warga penerima bantuan akan dilakukan oleh Satgas Bansos yang terdiri dari aparat Polsek setempat, Pemerintah Kecamatan, TKSK dan Pendamping PKH. 

Dinas Sosial Toraja Utara berharap di tahun 2020 ini, setiap rumah keluarga pra sejahtera penerima bantuan sosial di Toraja Utara yang berjumlah 13.335 telah terpasang stiker penerima program Bansos.  

Menandai pelaksanaan pemasangan stiker penerima Bansos di Toraja Utara, dipenghujung kegiatan Bupati Kalatiku Paembonan bersama Wabup Yosia Rinto Kadang masing - masing menempelkan sticker di rumah keluarga penerima Bansos yang ada di lokasi Kelurahan Tagari Tallunglipu sekaligus memberikan tanda pada stiker jenis - jenis bantuan yang diterima keluarga pra sejahtera.

Reporter: Julina Rande; Sendri Sudi

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 263

Kemarin 397

Minggu ini 1773

Bulan ini 1773

Total 253406