Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

SANGGALANGI || Kolaborasi lintas sektor yang selama ini terbangun dengan baik antar instansi pemerintah daerah dan masyarakat di Kecamatan Sanggalangi kembali melahirkan satu program inovatif yang diberi nama GASS, atau akronim dari Gerakan Sanggalangi Sehat.

Uniknya, salah satu bentuk kegiatan GASS ini adalah dimasukkannya prosesi penanaman pohon pada setiap acara resepsi pernikahan yang berlangsung di seluruh wilayah Kecamatan Sanggalangi, di mana kedua mempelai akan menanam satu bibit pohon produktif yang disediakan oleh pihak pemerintah Kecamatan Sanggalangi.

“ini adalah program pemerintah dalam lingkup kecamatan Sanggalangi. Setiap resepsi pernikahan kita beri bibit untuk di tanam di tempat melaksanakan resepsi Pencanangan ini secara simbolis, pohon tersebut dapat dipindahkan pada lokasi yang lebih baik nantinya.”

Hal tersebut disampaikan Camat Sanggalangi, Alexasander L. Pasenggong, S.Kom., M.Si di resepsi pernikahan salah satu warga Kelurahan Pa’paelean, Tongkonan Tindak, Pala’tokke, Sabtu (15/2/2020) yang sekaligus dijadikan momentum Pencanangan Perdana Gerakan Sanggalangi Sehat.

Alexander dalam penjelasannnya mengungkapkan, kualitas ekosistem lingkungan sangat berpengaruh pada kondisi kehidupan masyarakat secara luas. Dengan makin pesatnya pertumbuhan penduduk dan tekanan modernisasi yang merambah hingga wilayah pedesaan, harus disikapi dini melalui langkah antisipatif yang mampu melindungi kelestarian ekosistem alami di Sanggalangi sebagai komponen yang turut mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat.

Olehnya, GASS ini dicetuskan dalam rangka membangun kesadaran semua pihak di Kecamatan Sanggalangi ihwal pentingnya memperhatikan aspek lingkungan dalam setiap aktifitas yang dilaksanakan, baik dalam kegiatan - kegiatan pembangunan maupun kegiatan kemasyarakatan.

Sesuai keterangan yang diperoleh melalui Puskesmas Tombangkalua’, Gerakan Sanggalangi Sehat merupakan program holistik yang merangkum semua jenis kegiatan inovasi lintas sektoral yang bersinergi dengan efektifitas pelayanan bidang kesehatan, baik yang sedang dan akan dilaksanakan.

Pencetusan GASS sendiri berangkat dari hasil pertemuan lintas sektor bidang kesehatan yang berlangsung pada tanggal 4 Februari 2020 lalu.

Dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di kecamatan Sanggalangi yaitu Pemerintah Kecamatan, Lembang/Lurah, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Tombangkalua’, Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan, Polsek Sanggalangi, Koramil Sanggalangi, Dinas Pendidikan melalui Kepala Sekolah tingkat dasar dan menengah, serta Toga dan Toma di Kecamatan Sanggalangi, disepakati perlunya dicanangkan suatu gerakan komprehensif yang mampu memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif bersama pemerintah daerah mewujudkan sumberdaya manusia Sanggalangi yang sehat, mandiri dan berkualitas.

Selain penyerahan dan penanaman bibit pohon dari Pemerintah Kecamatan kepada kedua mempelai, Pencanangan GASS juga diikuti dengan penyuluhan kesehatan dan pembagian leaflet promosi kesehatan oleh Puskesmas Tombangkalua’ kepada seluruh masyarakat yang hadir di resepsi pernikahan saudara/I Rini dan Risal tersebut.

Reporter: Swita Turalaki; Julina Rande
 
LPDI – Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 73

Kemarin 397

Minggu ini 1583

Bulan ini 1583

Total 253216