Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Bupati Kalatiku Paembonan melalui amanatnya menyampaikan beberapa poin penting terkait kebijakan pemerintah Kabupaten Toraja Utara saat memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional pagi tadi, Senin (17/2/2020) di pelataran Kantor Bupati, Pasang Lambe'.

Salah satu poin penting yang Bupati sampaikan yakni terkait penertiban bangunan yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu, tepatnya pada Jumat (14/2/2020) di sepanjang sempadan Eran Batu dan Alang Alang.

Bupati menjelaskan, permasalahan di kota Rantepao bukanlah hal yang sederhana untuk diselesaikan, banyak isu sensitif yang perlu dicermati secara proporsional dan hati – hati untuk menghasilkan suatu kebijakan penataan kota yang mampu melindungi seluruh cakupan kepentingan masyarakat luas.

Namun isu penting yang didapati dan perlu segera dilakukan perubahan yaitu penegakan aturan khususnya yang terkait penataan ruang dan lingkungan kota yang pada masa lalu tidak dijalankan dengan konsisten.

“saya berkeyakinan, kalau kita tidak lakukan saat ini (penertiban bangunan liar), tidak akan pernah lagi dilakukan, dan selama ini tidak pernah dilakukan,” tegas Bupati.

Akibatnya, permasalahan penataan kota Rantepao yang diemban pemerintah hari ini kian menjadi kompleks seiring dengan menjamurnya bangunan-bangunan yang menyalahi aturan, yang apabila tidak segera diambil langkah tegas akan menjadikan upaya penataan kota Rantepao yang berwawasan lingkungan sebagai wajah terdepan pariwisata Toraja Utara makin bertambah ruwet dan sulit diselesaikan ke depannnya.

“seluruh bantaran kali (sungai Sa’dan) akan dijadikan tempat pemukiman dengan konsekuensi yang luar biasa bahwa sungai kita akan semakin kotor,.., bagaimana kita bisa membayangkan kerusakan yang diakibatkannnya,” jelas Bupati.

Atas pelaksanaan penertiban di Eran Batu dan Alang Alang yang telah berjalan kondusif dan lancar, Bupati Kalatiku Paembonan menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada seluruh Tim Gabungan Penertiban Bangunan Pemkab Toraja Utara yang terdiri dari Badan Sat.Pol dan Damkar Pemkab Toraja Utara, BPDB Toraja Utara, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kecamatan Kesu’ bersama Polres Toraja Utara, Kodim 1414 serta Datasemen B Brimob Parepare.


LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 78

Kemarin 397

Minggu ini 1588

Bulan ini 1588

Total 253221