Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

KESU'||Komitmen Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mendukung pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Toraja Utara berlangsung jujur, adil, bebas, dan rahasia di tegaskan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan.

Bupati mengatakan, dirinya selaku Kepala Daerah sekaligus Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh jajaran ASN di lingkup Pemkab Toraja Utara memegang teguh asas netralitas dengan tidak terseret dalam kepentingan politik praktis yang akan menciderai harapan dan kepercayaan rakyat.

"itulah sebabnya, seluruh jajaran pemerintahan telah saya instruksikan untuk sunguh - sungguh menampakkan netralitasnya dalam pilkada ini," terangnya.

Hal ini ditegaskan Bupati saat memberikan sambutan di acara Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Tahun 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara yang berlangsung jelang siang tadi, Sabtu (29/2/2020) di Objek Wisata Ke'te' Kesu'.

Menyoal netralitas ASN memang masih menjadi sorotan publik di setiap hajatan pesta demokrasi, di mana masih banyak di dapati kecenderungan oknum - oknum ASN yang membuka diri untuk dipolitisasi dan terlibat dalam praktik politik praktis, sehingga penegakan netralitas mutlak ditekankan oleh Kepala Daerah selaku PPK kepada seluruh ASN di wilayah birokrasinya. Apalagi Netralitas ini jelas diatur dalam ketentuan perundang - undangan, yaitu: PP Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil dan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Sementara, terkait Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Tahun 2020 yang usung tema "Bermartabat dan Berbudaya" ini, Ketua KPU Kabupaten Toraja Utara, Bonny Freedom dalam sambutannnya melaporkan jika pihaknya telah dan sedang melaksanakan serangkaian tahapan Pilkada 2020 sesuai ketentuan dalam PKPU Nomor 15 Tahun tahun 2019, mulai dari program perencanaan dan anggaran, sosialisasi ke Bakal Calon, hingga pelaksanaan launching hari ini.

"kami di KPU Toraja Utara, sebelum melaksanakan launching pemilihan hari ini kami telah melalui tahapan - tahapan pemilihan, seperti sosialisasi yang telah kami lakukan kepada pemilih - pemilih sehubungan dengan pilkada Toraja Utara tahun 2020, maupun sosialisasi kepada bakal-bakal calon perseorangan, menyampaikan syarat-syarat pencalonan," ujarnya.

Bonny juga mengungkapkan, melalui proses yang telah dilakukan tersebut, pihaknya memastikan tidak ada Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan yang ikut di Pilkada Toraja Utara tahun 2020. 

"hingga tahapannnya kemarin dari tanggal 16 sampai 19 Februari di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toraja Utara kami dapat memastikan bahwa tidak ada calon perseorangan yang akan maju karena  tahapan dan penyerahan dukungan minimal telah ditutup dan tidak ada datang ke kantor untuk menyerahkan syarat dukungan minimal tersebut," lanjut Bonny. 

Untuk anggaran Pilkada Toraja Utara tahun 2020 turut paparkan, total jumlah anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Toraja Utara tahun 2020 hingga selesai ini sebesar Rp. 30.850.300.000,-. Dana tersebut bersumber dari hibah APBD Toraja Utara yang tertuang melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dengan KPU Kabupaten Toraja Utara.

Dalam hal itu, Pihak KPU Kabupaten Toraja Utara menyampaikan komitmennnya kepada masyarakat Toraja Utara akan mengelola anggaran hibah tersebut secara profesional sesuai prinsip akuntabilitas, transparansi, dan efisiensi. 

Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Tahun 2020 yang oleh KPU dikemas dengan apik bernuansa etnik Toraja menjadi istimewa dengan dihadiri oleh Pelaksana Tugas Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI (DKPP), Prof. Muhammad, Komisioner KPU RI, Ilham Saputra, Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, dan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Faizal Amir.

Dalam kegiatan ini KPU Kabupaten Toraja Utara juga memperkenalkan kepada publik maskot yang terpilih untuk branding Pilkada Toraja Utara tahun 2020 yakni Maskot Tongkonan karya Selvia Ruthi Kombong dari Buntu Pepasan.

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 260

Kemarin 397

Minggu ini 1770

Bulan ini 1770

Total 253403