Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TIKALA ||Sabtu, (16/5/2020) lalu, Bupati Kalatiku Paembonan melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Tikala dan Kecamatan Kesu' guna memantau berlangsungnya penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, masing - masing di Lembang Sereale dan Lembang Tadongkon. Bupati Kalatiku dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan secara simbolis BLT Dana Desa ke pada kepala keluarga penerima.

Di kedua lembang tersebut Bupati Kalatiku menjelaskan, pandemi Covid-19 hampir secara merata memberi dampak langsung pada semua sektor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali sektor di ekonomi. Untuk itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan realokasi anggaran Dana Desa untuk BLT DD guna menjaga daya beli dan produktifitas masyarakat ekonomi lemah di pedesaan. 

"kiranya melalui bantuan ini masyarakat dapat mempertahankan kebutuhan ekonominya. Dan bila masih ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dapat diusulkan selanjutnya sesuai prosedur, agar semua masyarakat menerima bantuan," ungkap Bupati Kalatiku Paembonan kepada masyarakat di lembang Sereale.

Bupati melanjutkan, kesadaran, partisipasi dan kerjasama masyarakat Toraja Utara melaksanakan himbauan pemerintah terbukti efektif memutus mata rantai penyebaran covid-19 masuk ke "Bumi Pongtiku". Hal ini terbukti dengan belum ditemukannnya warga yang terpapar virus SARS-CoV-2 hingga saat ini, Kondisi tersebut juga menempatkan Kabupaten Toraja Utara sebagai satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sulsel yang berstatus Zona Hijau. 

Meskipun demikian, Bupati Kalatiku Paembonan meminta warga tidak menurunkan kewaspadaan terhadap Covid-19 yang masih memiliki resiko penyebaran yang tinggi dan tetap menjaga produktifitas dalam mengelola lahan pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. 

"kita Toraja Utara dikategorikan sebagai Kabupaten yang masih steril, maka perlu memperhatikan protokol kesehatan. Tinggal di rumah namun bekerja, menanam sayuran, dan anak - anak harus belajar, ujarnya di Aula Kantor Lembang Tadongkon. 

Selain itu, Bupati menyerukan #GerakanPenanamanHoltikultura kepada masyarakat di dua lembang ini dengan memanfaatkan dukungan fasilitas bibit yang dapat warga peroleh secara gratis di Dinas Pertanian Kabupaten Toraja Utara. 

Sejalan dengan ketentuan pelaksanaan penyaluran BLT DD, penetapan penerima manfaat BLT DD oleh Pemerintah Lembang dilaksanakan melalui pendataan kepala keluarga yang belum atau tidak termasuk penerima jenis bantuan sosial pemerintah yaitu PKH dan BNTP. Data yang terkumpul kemudian diverifikasi melalui rapat perangkat lembang dari tingkat Rukun Tetangga (RT).

"penentuan yang mendapat BLT sesuai dengan Prosedur dengan hasil kerja dari perangkat desa terendah , RT yang berembuk untuk menentukan yang layak menerima, sehingga diperoleh jumlah data tersebut," Jelas Wakil Ketua DPRD Toraja Utara, Calvin Parapak yang turut hadir bersama Bupati di Lembang Tadongkon, Kesu'.

Di Lembang Sereale, Tikala terdapat 158 Kepala Keluarga yang menjadi penerima BLT DD. Sementara di Lembang Tadongkon, Kesu', penerima BLT berjumlah 156 Kepala Keluarga.

Reporter:  Julina Rande

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 249

Kemarin 273

Minggu ini 522

Bulan ini 522

Total 252155