Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

BARUPPU || Kesadaran dan kedisiplinan masyarakat di masa transisi menuju Tatanan Normal Baru atau "New Normal" menjadi salah satu yang prioritas diuoayakan oleh pemerintah untuk memastikan berjalannnya masyarakat new normal yang produktif dan aman covid-19 nantinya.

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sendiri dalam setiap kegiatan mulai bulan Juni ini secara bertahap terjun langsung ke masyarakat melakukan sosialisasi protokol kesehatan di era new normal agar masyarakat nantinya tetap produktif dan terlindungi dari covid-19 guna membangun kesadaran dan kedisiplinan seluruh lapisan masyarakat 

Seperti halnya yang dilakukan Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, saat mengunjungi Lembang Baruppu Utara, Kecamatan Baruppu, Kamis (18/6/2020) lalu.

Kunjungan kerja kali ini merupakan salah satu agenda kerja Wabup memantau penyaluran BLT dana Desa tahap II sekaligus mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat Lembang Baruppu Utara di masa transisi memasuki new normal.

Dalam kesempatan ini Wabup Rinto mengajak masyarakat mulai membiasakan pola interaksi dengan cara new normal, baik pada aktivitas sosial, ekonomi, layanan publik, dan budaya, yang diartikan sebagai kembali ke kondisi kehidupan normal namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

“antara lain dengan selalu memakai masker,  sering cuci tangan pakai sabun, serta jaga jarak fisik. Kalau jaga jarak mungkin memang agak susah diterapkan di situasi tertentu, namun kalau pakai masker harus,” ujar Wabup.

Termasuk juga lembaga pemerintah maupun lembaga pendidikan, dalam era new normal nantinya harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Meskipun untuk penyelenggaraan pendidikan masih harus menyesuaikan dengan kebijakan Kemendikbud RI.

Lebih lanjut disampaikan, sejak ditetapkannnya pandemi covid-19 sebagai bencana kesehatan nasional no-alam, Pemerintah mengeluarkan kebijakan agar seluruh Pemda  melakukan realokasi/rasionalisasi APBD untuk memperkuat upaya percepatan penanganan Covid-19, sehingga cukup memberi dampak pada pelaksanaan realisasi program dan kegiatan pembangunan di daerah. Oleh karena itu, Wabup meminta dukungan Kepala Lembang dan tokoh masyarakat untuk turut bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah terkait Covid-19. 

Sementara terkait Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang di salurkan hari itu, Wabup Rinto minta semua keluarga yang menerima agar memanfaatkan bantuan tersebut dengan benar dan bijak untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

"gunakan bantuan pemerintah ini dengan sebaik - baiknya, Pemerintah khususnya Pemkab Toraja Utara tak ingin melihat masyarakatnya makin menderita ditengah pandemi ini," tandas Wabup.

Di hari yang sama Wabup Rinto juga berkesempatan meninjau pengelolaan pekarangan kosong menjadi produktif yang ada di Mapolsek Rindingallo sekaligus memberikan dukungan bantuan bibit tanaman holtikultura yang diterima langsung IPTU Arsenius Lase selaku Kapolsek Rindingallo. Pengelolaan pekarangan menjadi produktif ini diinisiasi oleh Polsek Rindingallo dengan turut melibatkan partisipasi masyarakat sekitar yang diharapkan nantinya dapat dijadikan contoh sekaligus motivasi bagi warga masyarakat dan instansi lainnya dalam memanfaatkan pekarangannya.  

Kegiatan penyaluran BLT Dana Desa di Lembang Baruppu Utara tersebut turut dihadiri Kapolsek Rindingallo dan Babinsa dari Koramil Rindingallo.

Reporter: Steven

 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 22

Kemarin 405

Minggu ini 2619

Bulan ini 4267

Total 266219