Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TONDON || Kerugian yang ditimbulkan peristiwa bencana alam khususnya kepada masyarakat baik jiwa maupun materi telah mendorong pemerintah mengembangkan strategi pengurangan resiko yang berfokus pada preventif bencana, yang salah satunya melalui program Desa Tangguh Bencana. Mitigasi bencana dengan berbasis komunitas ini merupakan salah satu strategi pemerintah dengan skala prioritas yang telah dicanangkan sejak tahun 2012 lalu dengan terbitnya Perka BNPB No. 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana yang ditujukan guna membangun kesadaran mengenai ancaman dan kesiapsiagaan terhadap bencana. 

Menyikapi urgensitas mitigasi bencana berbasis komunitas pedesaan dalam meminimalisir dampak kerugian akibat bencana di wilayah Kabupaten Toraja Utara, Senin, (22 Juni 2020) kemarin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toraja Utara mengadakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan Lembang (Desa) Tangguh Bencana Longsor  (Bang Batagor) yang berlangsung di Aula Lobi Gedung Perkantoran Gabungan Dinas Pemkab Toraja Utara, Marante, Tondon. 

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Drs. Rede Roni Bare, M.Pd turut melibatkan institusi TNI dan Polri yang langsung dihadiri Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi Zaenal Arifin dan Wakapolres Toraja Utara, Kompol Urbanus Mangambe, S.Sos, M.Si.

Implementasi mitigas bencana berbasis komunitas di setiap Lembang ini menurut Kepala BPBD, Drs. Alexander Tappang, S.STP penting untuk segera dilaksanakan mengingat ancaman bencana alam yang sewaktu - waktu dapat terjadi membutuhkan koordinasi dan respon cepat pemerintah bersama masyarakat. Melalui Lembang Tangguh Bencana ini nantinya instrumen penangulangan bencana di pemerintah kecamatan dan lembang setempat bersama masyarakat memiliki kompetensi pengetahuan yang memadai mengenai karakteristik bencana dan pelaksanaan aksi mitigasi serta penanggulangan bencana.

"hal ini bertujuan untuk tanggap mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Toraja Utara maka perlu kesiap siagaan dari pemerintah setempat terutama bagi camat dan lembang apabila ada bencana di daerah masing-masing sebelum pihak BNPB turun ke lokasi," jelas Alexander.

Sebelumnya, Sekda Rede Roni menyampaikan, penanggulangan bencana berbasis komunitas melalui Desa Tangguh Bencana menjadi isyarat telah bergesernya paradigma kebijakan pemerintah dalam penanggulangan bencana ke arah pencegahan (preventif) untuk meminimalkan resiko kerugian yang ditimbulkan, dimana kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana semata - mata tidak bertumpu pada kapasitas responsif BPDB semata tapi juga memerlukan keterlibatan langsung masyarakat yang akan dibangun melalui fasilitasi penguatan pengetahuan dan kemampuan komunitas di Lembang dalam menghadapi dan beradaptasi terhadap ancaman dan peristiwa bencana.

"idealnya bila ada kejadian longsor agar segera ditangani sebisa mungkin oleh aparat lembang karena keterbatasan alat dan jangkauan BNPB Toraja Utara yang berlokasi di kota Rantepao, sehingga bencana yang terjadi seperti tanah longsor dan lainnya dapat ditanggulangi sebelum bantuan datang," Ungkap Sekda Rede Roni Bare dalam arahannya di rapat tersebut.    

"Bang Batagor" ini kemudian akan menjadi instrumen dalam sistem penanggulangan bencana di Toraja Utara yang akan menggambarkan model kolaborasi dan sinergi antara pihak kabupaten, kecamatan, lembang serta masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan dampak bencana di Toraja Utara.

"maka perlu keterlibatan kita semua sehingga Bang Batagor ini dibentuk untuk antisipasi bencana terutama dari semua pihak baik di kabupaten, kecamatan hingga ke lembang", pungkas Sekda Rede Roni Bare. 

Hadir dalam Rapat ini beberapa Kepala OPD terkait, Camat dan perwakilan unsur Polri dan TNI.

 
Reporter : Basry; M. Arafah
 
...
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 2

Kemarin 424

Minggu ini 1206

Bulan ini 10172

Total 323179