Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Rantepao ||Masuknya wilayah Toraja sebagai bagian 10+2 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) menjadi peluang yang besar bagi Pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk melakukan pembenahan di berbagai sektor penunjang pariwisatanya, pasalnya dengan masuk ke dalam KSPN, tentunya Toraja Utara akan memperoleh perhatian khusus dari pemerintah di pusat dalam pembangunan dan pengembangan infrastuktur pendukung kepariwisataannya.

Terkait dengan dukungan infrastruktur di sektor konektivitas, tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Toraja melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah memperoleh sokongan kucuran dana hibah dari pemerintah pusat melalui bantuan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dengan alokasi hibah sebesar Rp. 31.350.000.000,-. yang saat ini pengerjaannya sedang berjalan pada jaringan jalan di 9 segment lokasi.

Sebelumnya, sebagaimana prasyarat diterimanya bantuan hibah ini, Pemkab Toraja Utara sebelumnya telah membuat komitmen ke pemerintah pusat untuk membiayai terlebih dahulu (pre-financing) pelaksanaan kegiatan dengan mengalokasikan program tersebut dalam APBD tahun berjalan (2020).

Untuk mekanisme penyaluran atau pencairan hibah PHJD kepada pemerintah daerah kemudian akan dilakukan oleh Direktorat Perimbangan Keuangan Kemenkeu melalui KPPN setelah diperoleh hasil verifikasi atas target output yang telah ditetapkan melalui rekomendasi teknis dari Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR. 

Dana hibah yang bersumber dari APBN TA 2020 tersebut, oleh Dinas PUPR Toraja Utara diarahkan pada kegiatan Pemeliharaan dan Peningkatan jalan penanganan long segment di sembilan lokasi dengan total sepanjang 69 Km pada jalan Karisiak-Ke'pe-Pangli-Barana' yang lokasi kegiatannnya meliputi: 

1. Segment Karasiak - Lempe
2. Segment Lempe - Ke'pe
3. Segment To'Rea - To'Dama
4. Segment Batutumonga - Pangli
5. Segment Pangli - Barana'
6. Segment Ke'pe' - Parinding
4. Segment Tikala - Batutumonga (Dusun Tiroan)
8. Segment Deri - Bai', dan
9. Segment Tombang Kalua' - Bokin (Rantebua).

 

PHJD, Dukungan Untuk Pengembangan Infrastuktur KSPN Dan Peningkatan Kapasitas Pemda 

PHJD atau Program Hibah Jalan Daerah yang diluncurkan sejak tahun 2018 lalu merupakan program pemerintah pusat yang digodok oleh Kementerian Keuangan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan sumber pendanaannya murni dari Penerimaan Negara (APBN). 

Program ini ditujukan untuk membantu peningkatan dan pemeliharaan jaringan jalan pada aspek tata kelola (value of money - value of investment), kuantitas dan kualitas jalan yang menjadi kewenangan daerah, yang mana dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan koridor ke KSPN yakni penanganan jalan difokuskan pada penghubung jaringan jalan backbone jalan nasional ke jalan provinsi dan jalan kabupaten hingga ke objek wisata.

Selain itu, PHJD ini juga merupakan insentif dari pemerintah pusat untuk memperkuat kapasitas peran Pemerintah di daerah  dalam merealisasikan tanggung jawab dan fungsi pelayanan kepada masyarakat khusus pada pelayanan penyediaan infrastruktur jalan yang memadai. 

Lingkup pembiayaan PHJB ini terbagi dalam 2 (dua) kegiatan, yakni Kegiatan Fisik dan non Fisik. Untuk kegiatan Fisik mencakup:
1) Pemeliharaan rutin jalan;
2) Pemeliharaan berkala jalan; dan
3) rehabilitasi dan peningkatan jalan.
 
Sedangkan untuk kegiatan Non-Fisik (institusi) beberapa di antaranya mencakup kegiatan:
1) Peningkatan kepedulian atas isu keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3);
2) Peningkatan pemenuhan kriteria jalan yang berkeselamatan;
3) Peningkatan kapasitas penyelenggaraan jalan (Dinas PU; Bappeda dan instansi terkait lainnnya), termasuk penyedia jasa; dan
4) Peningkatan tata kelola penyelenggaraan jalan daerah melalui kerjasama dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan, misalnya melalui pembentukan dan peningkatan perab FLLAJ, Pordakwis, Simpul Pengetahuan Jalan Daerah (SPJD), Pusat Rujukan, termasuk dukungan terhadap pengarusutamaan Kesetaraan Gender.
    
Foto: Dinas PUPR Toraja Utara
 
 
LPDI - Komunikasi Publik   

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 92

Kemarin 494

Minggu ini 1795

Bulan ini 2543

Total 276202