Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TONDON || Pasca diterbitkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019, KPU Kabupaten Toraja Utara kembali aktif melanjutkan tahapan dan program Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2020  

Untuk memastikan lanjutan pelaksanaan tahapan Pilkada di Toraja Utara berjalan dengan lancar dan aman di masa pandemi covid-19, KPU Toraja Utara bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Toraja Utara di hari Selasa (7/7/2020) kemarin menggelar rapat koordinasi dengan agenda membahas sinergitas kedua pihak dalam penerapan standar protokol kesehatan di tahapan pemutakhiran Data Pemilih.

Kebijakan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 akan berbeda dari pilkada sebelumnya dengan diberlakukan protokol kesehatan di seluruh tahapannya sehingga diperlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dengan harapan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 sepenuhnya dapat diaplikasikan di setiap tahapan dan dengan tetap menjaga tingkat partisipasi politik masyarakat.

Dalam hal ini Pemkab Toraja Utara melalui GTPP sepenuhnya siap memberikan dukungan teknis penerapan protokol kesehatan kepada KPU Toraja Utara, termasuk pada tahapan Pemutakhiran Data Pemilih yang akan mulai dilaksanakan pada 15 Juli mendatang.  

"kita harus kerja sama dalam tahapan-tahapan pilkada Tahun 2020, antara KPU dengan pemerintah daerah dan Dinas Kesehatan mulai terlibat saat ini mulai dari pemutahiran data pemilu sampai pada perhitungan suara," ujar Sekda Rede Roni Bare yang memimpin rakor tersebut.

Penerapan protokol kesehatan di tahap Pemutakhiran Data Pemilih difokuskan kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Hal ini dilakukan mengingat PPDP dalam melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih di lapangan akan berinteraksi langsung dengan warga masyarakat. 

Teknisnya, Dinkes Toraja Utara akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh PPDP melalui faskes (Puskesmas)  di 21 kecamatan untuk memastikan petugas dalam kondisi sehat dan aman dari Covid-19 sebelum mulai melaksanakan tugasnya. 

"Dinas Kesehatan bersama Pemda dan Gugus tugas Covid-19 bekerjasama untuk difasilitasi kalau ada yang bergejala, PPDP yang akan melaksanakan pendataan pemutahiran data pemilu agar segera melakukan pengecekan kesehatan di 26 Puskesmas, Kalau ada yang bergejala akan ditindak lanjuti oleh puskesmas atau dokter dan diantar langsung ke RSUD pongtiku," jelas Yan Hery Pakan, Ketua Pelaksana Harian KPU Toraja Utara 

Sementara dukungan anggaran penerapan protokol kesehatan untuk pengadaan APD di Pilkada Toraja Utara tahun ini, Yan menjelaskan sepenuhnya bersumber dari APBN dan sedang dalam proses validasi oleh Kemenkeu bersama Kemendagri dan KPU.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Perkantoran Pemkab Toraja Utara, Marante tersebut diikuti unsur GTPP Toraja Utara, KPU Kabupaten Toraja Utara dan perangkat daerah terkait.

 
Reporter: Amos Rapang; Martinus Silolongan.
 
#Pilkada2020 #KPU #KPUtorajautara
#BersatuLawanCovid19 #torajautara
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 75

Kemarin 494

Minggu ini 1778

Bulan ini 2526

Total 276185