Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RINDINGALLO || Memperingati Hari Pahlawan Nasional Pong Tiku (Pongtiku), Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar Upacara bertempat di pelataran Makam Pahlawan Pongtiku, Pangala, Kecamatan Rindingallo, Jumat (10/7/2020). 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dengan Komandan Upacara, Kapten Inf. Sarifuddin. Mengingat masa pandemi Covid-19, upacara Hari Pahlawan Pongtiku kali ini dilaksanakan dengan peserta yang dibatasi sesuai standar protokol kesehatan. 

Sejalan dengan kondisi aktual yang dihadapi bangsa, tema yang diangkat pada peringatan Hari Pahlawan Pongtiku tahun 2020, yakni "Kita Kobarkan Semangat Juang Pongtiku Dengan Inovatif dan Produktif di Tengah Pandemi Covid-19" mengajak seluruh komponen masyarakat Toraja Utara untuk kembali optimis dan mulai produktif menghasilkan karya inovatif di masa pandemi Covid-19 dengan mengadaptasi tatanan kenormalan baru.  

Dalam amanatnya Bupati Kalatiku Paembonan menyampaikan, nilai - nilai heroik yang terkandung dalam perjuangan Pongtiku melawan penjajahan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh komponen masyarakat Toraja dalam mengisi kemerdekaan, terlebih bagi para pemuda pemudi Toraja, yang setiap saat diharapkan mampu menunjukkan eksistensinya sebagai generasi penerus kepemimpinan dan pembangunan melalui unjuk kerja dan karya nyata yang positif bagi daerah dan negara,   

"dengan semangat perjuangannya, sosok Pongtiku menjadi inspirasi bagi Pongtiku Pongtiku muda saat ini, baik dalam perspektif nasional maupun daerah," ungkap Bupati.

Lanjutnya, Upacara Hari Pahlawan Pongtiku yang saat ini dilaksanakan di tengah "ancaman" Covid-19 juga berangkat dari inspirasi tekad dan keberanian yang telah ditunjukkan Pongtiku dan masyarakat Toraja saat itu dalam perlawanannya terhadap penjajah yang notabene memiliki persenjataan yang jauh lebih modern. 

"karena semangat perjuangan Pongtiku itu lah yang membuat kita melaksanakan penghormatan dan penghargaan kepada Pongtiku, walaupun di masa pandemi covid-19 saat ini namun kita tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku," imbuhnya.

Peserta upacara Peringatan Hari Pahlawan Pongtiku Tahun 2020 ini terdiri dari unsur Forkopimda, Keluarga Pahlawan Pongtiku, Sekretaris Daerah bersama para Pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Toraja Utara, unsur TNI dari Dandim 1414 dan Polri dari Polres Toraja Utara, Organisasi Kepemudaan, serta para pelajar. 

Atas jasa - jasa perjuangannya melawan penjajah, Pong Tiku atau juga disebut dengan nama Ne' Baso, oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 6 November 2002 dianugerahi gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan melalui Keppres Nomor: 073/TK/2002.  

"misa kada dipotuo, pantan kada di pomate" Selamat Hari Pahlawan Pong Tiku 

 
Reporter: Martinus Silolongan; Amos Rapang
 
 
LPDi - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 64

Kemarin 494

Minggu ini 1767

Bulan ini 2515

Total 276174