Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Kesu' - Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Toraja Utara menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka pembinaan SDM dan Kesekretariatan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toraja Utara Tahun 2020. Kegiatan tersebut dipusatkan di lobi Hotel Heritage (11/07/2020) menghadirkan dua narasumber, yakni Koordinator Organisasi Bawaslu Provinsi Sulsel Hasmaniar Bahrun, Sp.i didampingi Bidang SDA & Organisasi, Arifin, S.
Ditemui media, Ketua Bawaslu Kabupaten Toraja Utara Andarias Duma’, SH mengatakan: "kegiatan ini dilaksanakan sehari saja dan yang hadir adalah peserta bimtek yang diturunkan dari tingkat 21 kecamatan di kabupaten toraja utara, sebanyak 3 orang/kecamatan yang mewakili untuk mengikuti bimtek itu.”
Lebih lanjut dirinya menyampaikan, "sebelumnya kegiatan ini tentu telah dilakukan koordinasi dengan gugus tugas covid 19 Toraja Utara terkait syarat yang dapat dipenuhi untuk melaksanakan bimtek ini apalagi ditengah Pandemi, tentu kami menggunakan protap Covid-19 dan bimtek ini tidak dapat menggunakan virtual/daring apalagi mengenai petunjuk teknis anggaran. Materi hari ini ialah pembinaan sumber daya manusia (SDM) dan kesekretariatan, bimtek pengelolaan anggaran keuangan hibah anggaran yang dikelola oleh Bawaslu.” 
Terkait penggunaan media sosial baik oleh masyarakat dan ASN di masa Pilkada, Ketua Bawaslu Toraja Utara mengingatkan: “diharapkan masyarakat menggunakan media sosial secara bijak, diharapkan juga masyarakat agar mengikuti aturan tahapan pilkada kedepan. Undang-undang yang digunakan dalam pilkada berbeda dengan undang-undang yang digunakan untuk pemilihan legislatif. Apabila didapati ada aparatur sipil Negara (ASN) yang melanggar ada dua sanksi yang bisa diterima seperti sanksi administrasi dan pidana.”
Untuk Toraja Utara sendiri, Bawaslu belum menemukan ASN yang melanggar ketentuan nentralitas. “telah disampaikan ke Bawaslu Provinsi, dari 12 kabupaten/kota yang berpilkada, Toraja Utara masih nihil pelanggaran ASN nya. Kami dari Bawaslu secara masif kami senantiasa melakukan koordinasi kepada Sekretaris Daerah (SEKDA) Toraja Utara selaku Ketua Korpri agar ASN senantiasa menjaga netralitas, tak hanya itu kami juga sudah melakukan koordinasi bersama Bupati dan Wakil Bupati Toaja Utara agar jajarannya tetap menjaga netralitas,” pungkas Andarias.
Antisipasi praktek politik uang juga jadi sorotan pihak Bawaslu. Andarias mengingatkan masyarakat jika pelaku praktek money politic dapat dijerat sanksi pidana baik bagi pemberi maupun penerima sebagaimana ketentuan dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Umum, tepatnya di pasal 73, ayat (4). 
"masyarakat juga di ingatkan senantiasa agar menjauhi politik uang sebab apabila didapati masyarakat yang memberi dan menerima tentu kena sanksi pidana, jangan karena uang yang nominalnya tidak seberapa dapat menjeroboskan kita ke dalam sel tahanan, program kerja kedepan kami telah konsep salah satunya adalah himbauan akan dilakukan melalui tempat-tempat ibadah terkait sanksi apa yang akan diterima bila melakukan pelanggaran dalam Pilkada,” kunci Andarias Duma.
Penulis: Basry, Foto: Muh. Arafah
Diskominfo.SP

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 97

Kemarin 494

Minggu ini 1800

Bulan ini 2548

Total 276207