Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Sebagai bagian pondasi dan identitas bangsa, khususnya identitas daerah, upaya pelestarian produk budaya Toraja sebagai warisan yang berharga menjadi hal yang penting untuk secara berkelanjutan dilakukan. Budaya Toraja kaya dengan berbagai produk yang tidak hanya pada aspek adat istiadat yang sarat dengan nilai - nilai kearifan saja namun juga mencakup aspek tata kehidupan sosial, ekonomi hingga produk kerajinan dan kesenian.        

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sabtu (27/06/2020) pagi, bertempat di Gedung Art Center, Rantepao, meluncurkan "Gerakan Cinta Budaya (Garda Cinta Budaya). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare, M.Pd dan didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Dan Olahraga, beberapa pejabat eselon II dan III, Camat Rantepao, tokoh masyarakat, Ketua KNPI, serta pecinta seni dan budaya di Toraja Utara.

Sekda Rede Roni Bare dalam sambutannya menyampaikan, sebagai pemangku kebijakan, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan mengembangkan nilai dan produk budaya lokal. Perlindungan dan pengembangan ini tersebut diwujudkan dengan kegiatan - kegiatan yang mengakomodir keterlibatan langsung generasi muda dalam pelestarian budaya Toraja.  

"kegiatan seperti ini, merupakan kegiatan yang memiliki nilai positif, dimana melibatkan para pemuda yang merupakan generasi penerus dalam pengembangan kebudayaan yang ada di daerah ini. Kegiatan seperti ini merupakan sebuah gerakan untuk mengajak kepada lapisan masyarakat khusunya pemuda, untuk mencintai serta melestarikan budaya kita. Perlu ada regenerasi dalam hal ini, dan demi tercapainya regenerasi dalam hal budaya, maka perlu ada upaya dari kita semua,untuk mulai menanamkan rasa kepedulian dan cinta kita terhadap budaya, terutama dalam hal tarian daerah," kata Sekda.

Ia juga mendorong pemuda - pemudi Toraja Utara mampu mengembangkan kreativitasnya untuk menghasilkan karya seni berkualitas merepresentasikan nilai - nilai budaya Toraja. Karya - karya kreatif yang bersumber dari budaya Toraja dapat menjadi duta promosi akan kekayaan budaya yang dimiliki Toraja.     

"pemuda-pemuda saat ini harus lebih aktif dan harus lebih produktif dalam hal pengembangan dan pelestarian budaya. Sesungguhnya,tarian dan budaya Toraja setara dengan kebudayaan daerah lain, bahkan mungkin lebih. Maka sudah sepatutnya kita untuk bangga dan mencintai budaya kita," tutupnya.

Sejalan dengan Sekda, Kadispora Toraja Utara, Harly Patriatno dalam mengatakan, internalisasi budaya akan mendorong generasi muda memiliki kepedulian dan rasa cinta pada kesenian budaya sendiri. Hal ini yang menginisiasi Dispora untuk menginisiasi Gerakan Cinta Budaya Toraja.    

"Garda Cinta Budaya ini, merupakan inovasi dalam pengembangan potensi, kreativitas dan karakter pemuda dengan penanaman nilai luhur, kearifan lokal melalui promosi dan internalisasi nilai budaya Toraja," kata Harly. 

Menurut Harly, upaya ini akan di tempuh melalui promosi dan internalisasi nilai seni dan budaya dan pelatihan tari oleh pemuda yang berasal dari daerah dimana tarian itu berasal serta melibatkan seniman setempat. Sehingga pemuda selain terampil jenis tariannya juga memahami nilai,makna dan filosofi tarian tersebut.

Gerakan Cinta Budaya Toraja ini oleh Dispora dilaksanakan berkelanjutan yang capaiannya dievaluasi dalam tiga tahap yakni jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, dimana pada jangka panjang, tujuan yang akan dicapai adalah terwujudnya media ekspresi seni dan budaya toraja berupa pekan budaya pemuda, serta berkembangnya potensi, kreativitas, karakter dan ketahanan budaya Toraja. Dengan manfaat bagi masyarakat yaitu menumbuhkan kebanggaan akan budaya lokal Toraja.

Reporter: Swita Turalaki; Sendri Sudi; Muh. Arafa
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 364

Kemarin 447

Minggu ini 811

Bulan ini 9185

Total 348095